Keterangan Pers Presiden Jokowi mengenai Hasil Kunjungan Kerja ke Amerika Serikat, di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, 19 Februari 2016

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Februari 2016
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 5.927 Kali

Logo-Pidato2Assalamualaikum warahmatullahi wabatakatuh

Saya dan rombongan baru saja menyelesaikan kunjungan kerja ke Amerika Serikat untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat. Dari keseluruhan kunjungan tersebut, saya ingin menyampaikan beberapa hal.

Yang pertama, dari awal kita ingin pastikan bahwa hasil dari KTT ini harus bermanfaat bagi perdamaian dan kesejahteraan, baik untuk Indonesia, untuk ASEAN, dan untuk dunia.

Yang kedua, kita juga menekankan pentingnya keberpihakan kita terhadap usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah di era keterbukaan ekonomi dan inovasi teknologi digital. Hal ini tidak saja saya sampaikan di dalam KTT, namun juga kita tindaklanjuti dalam kunjungan saya dan rombongan ke Silicon Valley. Dalam pembicaraan saya dengan Facebook, Google, Plug and Play mereka telah memberikan komitmen untuk kerja sama dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Dengan Google misalnya, terdapat komitmen pelatihan 1.000 technopreneur sampai nanti tahun 2020. Dan juga dengan perusahaan-perusahaan yang lain juga akan ditindaklanjuti seperti yang diberikan komitmen Google terhadap kita.

Yang ketiga, pesan perdamaian juga telah kita tekankan dalam KTT tersebut ketika saya menjadi pembicara pertama dalam pembahasan isu counterterrorism. Pesan damai ini juga kita tindaklanjuti pada saat kunjungan ke Silicon Valley. Kita mengajak industri sosial media untuk bergabung dengan kita dalam menyebarkan narasi nilai-nilai toleransi, nilai-nilai moderasi, dan nilai-nilai perdamaian. Saya juga sangat senang bahwa mereka sangat antusias untuk membantu inisiatif kita yang kita namakan empowering leader of peace.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Terima kasih.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru