Keterangan Pers Presiden Jokowi mengenai Kunjungan Kerja ke Amerika Serikat, di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, 14 Februari 2016

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 14 Februari 2016
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 5.652 Kali

Logo-Pidato2Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada hari ini saya beserta rombongan akan berangkat menghadiri ASEAN-US Summit di California. Bagi Indonesia, kemitraan ASEAN dengan Amerika Serikat harus diletakkan dalam konteks kemitraan untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan.

Dalam mewujudkan kesejahteraan, Indonesia akan mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah; kemudian promosi kewirausahaan dan inovasi; termasuk pengembangan ekonomi digital. Dalam mewujudkan perdamaian, saya akan bertukar pikiran dengan para pemimpin ASEAN dan Amerika Serikat mengenai perdamaian dan keamanan di kawasan. Saya juga dijadwalkan untuk memimpin sidang di sesi pembahasan mengenai terorisme. Kesempatan itu akan saya gunakan untuk berbagi pengalaman sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dalam membangun toleransi, mencegah radikalisasi, serta memberantas terorisme. Kita akan mengangkat pentingnya keterlibatan masyarakat, termasuk melalui media sosial dalam melawan terorisme.

Selain bertemu dengan pimpinan pemerintahan, saya juga akan menghadiri US-ASEAN Business Council di San Francisco pada tanggal 17 Februari 2016. Kunjungan ke San Francisco saya juga akan manfaatkan untuk berkunjung ke Silicon Valley untuk melakukan pertemuan dengan CEO-CEO perusahaan-perusahaan raksasa IT.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Terima kasih.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru