Keterangan Pers Presiden RI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kota Administrasi Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, 23 Agustus 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 Agustus 2022
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 579 Kali

Wartawan
Terkait revitalisasi Taman Mini bagaimana ini, Pak, tadi jangkauan melihatnya?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) 
Ya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini adalah gagasan Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto yang menunjukkan keberagaman kita, kebinekaan kita, dan kekayaan budaya nusantara yang tidak dimiliki oleh negara lain. Sejak dibangun tahun 1975-an, belum pernah dilakukan renovasi secara besar-besaran. Ini kita lakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan anggaran Rp1,1triliun.

Kita harapkan setelah direnovasi, ini menjadi sebuah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini menjadi tujuan wisata masyarakat dan juga turis mancanegara. Karena saya titip pesan juga, tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus bisa tetap menikmati TMII ini.

Kemudian, yang kedua. Anjungan-anjungan dari provinsi-provinsi, tadi juga saya lihat, saya muter, juga banyak yang sudah keropos, banyak yang sudah rusak. Saya sudah perintahkan juga agar seluruh provinsi kepada gubernur, agar segera direhab dan direnovasi, agar semuanya kelihatan baru. Sebagian provinsi sudah mulai merenovasi dan  membangunnya, kita harapkan di akhir tahun ini semuanya selesai.

Setelah itu, saya juga minta kepada pengelola agar acara-acara yang berkaitan dengan seni budaya, event-event itu dilakukan secara rutin, baik setiap minggu maupun setiap bulan di setiap anjungan maupun di panggung-panggung terbuka yang ada. Jadi ada calendar of event yang jelas, sehingga menjadi sebuah tontonan yang baik untuk rakyat terutama untuk anak-anak kita. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan.

Wartawan
Sudah berapa persen, Pak, target revitalisasi… (audio tidak terdengar dengan jelas)?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini sudah 98 persen. Sebentar lagi lah selesai, langsung bisa dinikmati oleh masyarakat kembali, ya.

Wartawan
Pak, katanya juga bakal ada event-event besar?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, kita juga ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki Taman Mini Indonesia Indah seperti yang kita lihat sekarang ini.

Wartawan
Pak, soal kesehatan, Pak. Cacar Monyet kan sudah terkonfirmasi masuk ke Indonesia ya, Pak. Itu langkah pemerintah untuk mencegah supaya tidak meluas gimana, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, sudah saya perintahkan kepada Menkes. Yang pertama, urusan vaksin segera. Yang kedua, untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat. Tetapi ini juga tidak perlu kita terlalu panik, karena penularannya lewat kontak langsung bukan lewat droplet. Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita mengatasi itu. Tanyakan langsung ke Menteri Kesehatan.

Wartawan
Pak, terkait BBM, Pak. Rencana kenaikan Pertalite, Pak? BBM antre sudah di mana-mana, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ini menyangkut, ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Jadi semuanya harus diputuskan secara hati-hati, dikalkulasi dampaknya. Jangan sampai dampaknya menurunkan daya beli rakyat, menurunkan konsumsi rumah tangga. Kemudian juga nanti yang harus dihitung juga menaikkan inflasi yang tinggi, kemudian juga menurunkan pertumbuhan ekonomi, semuanya saya suruh hitung betul, hitung betul sebelum diputuskan. Ya, terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru