Keterangan Pers Presiden RI Mengenai Pemilihan Kapolri dan Air Asia, di Wisma Negara, Jakarta, 14 Januari 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 14 Januari 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 115.832 Kali

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Yang pertama, sore hari ini saya senang sekali, saya gembira sekali karena tadi jam 3 lebih sedikit saya mendapatkan kabar bahwa badan pesawat Air Asia sudah ketemu. Sehingga, kemungkinan besok pagi akan dimulai untuk masuk ke badan pesawat dan akan dilihat di dalamnya.

Sekali lagi, saya sangat menghargai kerja keras Basarnas beserta seluruh jajaran yang mendukung– TNI/Polri, BPPT, juga Kementerian yang semuanya masih konsentrasi untuk evakuasi, mencari penumpang yang masih belum diketemukan. Sekali lagi saya menghargai Basarnas.

Kemudian yang kedua, yang kedua mengenai pencalonan Kapolri. Ini perlu saya sampaikan bahwa tahapan prosedur itu telah dilalui oleh pemerintah dari beberapa minggu yang lalu. Kemudian ada usulan dari Kompolnas, ini. Usulannya, opsi satu ini ada sembilan perwira tinggi Polri, kemudian opsi dua itu diusulkan empat petinggi Polri bintang tiga– ini usulannya.

Kemudian setelah usulan ini saya memilih, satu yang kita pilih. Kemudian ada– setelah didetail ada, saya bertanya ini ada masalah mengenai rekening, saya tanyakan kepada Kompolnas. Dan saya juga mendapatkan surat ini, klarifikasi mengenai rekening. Dan di sini disampaikan hasil penyelidikan disimpulkan bahwa transaksi itu adalah transaksi wajar. Ini saya pegang, iya kan? Kemudian kita buat surat disampaikan ke Dewan, usulannya.

Dalam proses ini kemudian ada penetapan tersangka oleh KPK. Kita menghormati, kita menghormati KPK, ada proses hukum di sini. Tetapi ini juga ada proses politik yang ada di Dewan, kita juga menghargai Dewan. Oleh sebab itu, sampai saat ini saya masih menunggu, mungkin nggak tahu paripurnanya di Dewan kapan. Setelah selesai itu nanti baru akan kita putuskan kebijakan apa yang akan kita ambil.

Saya kira itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan kita juga mendapatkan masukan lagi dari Kompolnas karena pada hari Selasa pagi kita , dan kita juga mendapatkan pendapat dan mengajukan usulan-usulan yang tertera di dalam surat ini.

Saya kira itu yang bisa sampaikan pada malam hari ini,

Terima kasih,

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru