Keterangan Pers Presiden RI Seusai Rapat Konsultasi Dengan Pimpinan DPR-RI, 6 April 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 April 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 29.615 Kali

admin-ajax.php_Assalamualaikum Wr. Wb.
Tadi saya sudah bertemu dengan Ketua dan para Wakil Ketua DPR RI beserta seluruh pimpinan komisi dan alat kelengkapan DPR, juga bersama dengan pimpinan fraksi-fraksi. Ini adalah pertemuan konsultasi, yang merupakan konvensi ketatanegaraan yang baik. Karena melalui forum konsultasi ini, kita bisa membicarakan masalah-masalah kebangsaan dari hati ke hati dalam suasana, tadi suasana kekeluargaan.

Jangan ada yang berpikiran di dalam kami tadi ribut atau rame. Tidak. Suasananya kekeluargaan, sangat kekeluargaan. Dan ini kita harapkan akan memperkuat sinergi antar lembaga negara dalam upaya mempercepat pembangunan, mempercepat kesejahteraan.

Tadi memang ditanyakan dua hal, yaitu mengenai pengangkatan Kapolri, kemudian yang kedua mengenai implementasi pelaksanaan APBN-P. Sehubungan dengan Kapolri, tadi saya sampaikan bahwa surat kami tanggal 18 Februari 2015 kepada Ketua DPR RI perihal pengangkatan Kapolri. Dan saya jelaskan tadi mengenai alasan tidak dilantiknya Komjen Budi Gunawan sebagi Kapolri, yaitu mengingat pencalonan Komjen Drs. Budi Gunawan, SH, M.Si sebagai Kapolri menimbulkan perdebatan di masyarakat. Dan dalam rangka menciptakan ketenangan di masyarakat serta kebutuhan POLRI, kami mengajukan Kapolri yang baru. Terkait dengan alasan tersebut di atas, kami menerangkan memang alasan sosiologis dan alasan yuridis.

Kemudian yang kedua mengenai APBN-P, yang tadi ditanyakan dan dimintakan penjelasan adalah mengenai pelaksanaan APBN-P. Tadi kami jelaskan bahwa (pelaksanaan APBN-P) sudah berjalan. Karena kalau kita lihat dari data, dibandingkan tahun lalu, dari tanggal 1 Januari sampai 31 Maret, tahun lalu itu 15,6, tahun ini sudah 18,5. Artinya pelaksanaannya sudah berjalan. Dan kami ingin agar pelaksanaan itu lebih dipercepat lagi.

Itu dua hal tadi yang kita sampaikan dalam rapat konsultasi.

 

Transkrip Pidato Terbaru