Keterangan Pers Presiden sebelum Keberangkatan ke Nusa Tenggara Timur, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Provinsi DKI Jakarta, 4 Desember 2023 

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 4 Desember 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 211 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo sebelum Keberangkatan ke Nusa Tenggara Timur, 4 Desember 2023 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah pada 2 Desember 2023 yang lalu telah selesai dilaksanakan World Cup untuk U-17, telah sukses dan penyelenggaraannya sangat baik dan ini diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu event yang terbaik. Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata bagi negara kita.

Oleh sebab itu, saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kementerian Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan piala U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025 sampai 2029, dan bidding bersama-sama dengan Singapura. Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang saya sampaikan yaitu, [Piala Dunia] U-17 dan U-20.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Wartawan
Terkait dengan evaluasi di U-17 ini, Pak, kan Indonesia untuk ranking di U-17 ini nomor 18 bahkan kita di atas Korea Selatan dan juga Panama, dan kalau di klasemen kita peringkat tiga besar, evaluasi dari timnasnya sendiri seperti apa? Yang kedua, tadi Bapak menyoroti ada kenaikkan ekonomi juga itu dari sektor apa, apakah dari pariwisatanya saja atau dari mananya?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Semuanya kan perlu proses, tidak bisa instan kemudian jadi langsung juara. Saya kira yang paling baik semakin banyak mengikuti kompetisi tingkat dunia, akan semakin baik untuk U-17 atau U-20 kita, sehingga ini kita akan membangun masa depan sepak bola Indonesia bukan untuk, untuk sekarang. Tapi sekali lagi, semakin banyak kita mengikuti kompetisi akan semakin baik.

Wartawan
Izin, Pak. Terkait terkait evaluasi fasilitasnya sendiri bagaimana dan apakah akan ada penambahan stadion atau apa untuk bidding selanjutnya dan selain itu untuk pembicaraan dengan Singapura sendiri sudah sejauh apa? Makasih.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, kita dalam proses dan akan kita selesaikan renovasi untuk 22 stadion sepak bola kita dalam rangka persiapan ke sana. Dan, ini mungkin perlu kita sampaikan untuk declaration of interest yang sudah ditandatangani oleh PSSI dan oleh Football Association of Singapore, semuanya sudah.

Wartawan
Izin, Pak, terima kasih. Saya Emir dari CNBC. Kalau tanya mengenai detail untuk kunjungan kerja hari ini, kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur ini untuk menghadiri acara apa ya detailnya?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Acaranya banyak, ya.

Wartawan
(Audio tidak terdengar)

Ya, saya telah perintahkan ke Menko Polhukam untuk menangani bersama-sama dengan daerah, bersama-sama dengan UNHCR.

Wartawan
(Audio tidak terdengar)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tanyakan ke Menhan.

Keterangan Pers Terbaru