Khidmat, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-70 Di Istana

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 Agustus 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 29.462 Kali
Presiden Jokowi menyerahkan bendera merah putih kepada anggota Paskibraka, pada upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8)

Presiden Jokowi menyerahkan bendera merah putih kepada anggota Paskibraka, pada upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8)

Upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8), berlangsung khidmat.

Selain dihadiri oleh Ibu Negara Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, upacara tersebut juga dihadiri oleh mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Shinta Abdurrahman Wahid (istri mantan Presiden KH. Abdurrahman Wahid); sejumlah mantan Wakil Presiden yaitu Try Sutrisno, Hamzah Has, Boediono; Ketua MPR RI Zulkifli Hasan; para menteri Kabinet Kerja; dan juga para duta besar negara sahabat. Hadir juga warga yang tinggal di sekitar Istana Kepresidenan.

Ketua DPR RI Setya Novanto pada kesempatan itu membacakan Naskah Proklamasi, sementara Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menjadi pembaca doa.

Komandan upacara? adalah Kolonel Marinir Umar Farouq. Sedangkan, Komandan Paskibraka adalah Ajun Komisaris Pol Arthur Sameaputty yang kini bertugas sebagai kepala seksi operasi Satuan Gegana Korbrimob Polri.

Pembawa baki pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi adalah Maria Felicia Gunawan (Cia), siswi asal SMAK Penabur Gading Serpong, Banten. Sedangkan Zainal Azis, siswa SMAN 1 Payakumbuh dipercaya sebagai pembentang bendera Merah Putih, dan Razak (Sulawesi Tengah) dan Briand F Pelle dari Papua bertugas sebagai pengerek bendera merah putih.

Dalam upacara juga tampil dalam atraksi terbang pesawat tempur F-16 dan T-5 oleh TNI Angkatan Udara, serta paduan suara Gita Bahana Nusantara. (*/ES)

Berita Terbaru