Kondisinya Tidak Mengenakkan, Presiden Jokowi Minta Pos Perbatasan Entikong Segera Direhab

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 21 Januari 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 140.294 Kali
Presiden Jokowi mengunjungi Pos Pemeriksaan Lantas Batas (PPLB) Entikong, Kalbar, Rabu (21/1)

Presiden Jokowi mengunjungi Pos Pemeriksaan Lantas Batas (PPLB) Entikong, Kalbar, Rabu (21/1)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan merehabilitasi Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) di Entikong, Kalimantan Barat (Kalbar), yang kini kondisinya dinilainya tidak mengenakkan.

Saat meninjau PPLB Entikong yang merupakan pintu perbatasan darat pertama Indonesia, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto tampak kecewa melihat kondisi pos perbatasan yang dinilainya tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan itu.

“Saya dapat informasi tadi, memang sudah lebih dari 25 tahun nggak di apa-apain, bila dibandingkan dengan negara tetangga memang sangat jauh ketinggalan, “ kata Jokowi.

Presiden menilai, dari sisi pelayanan kemudian untuk fisik, gedung dan lainnya, PPLB Entikong memang sangat jauh dibandingkan dengan tetangga sebelah. Oleh sebab itu, pada tahun ini, kata Jokowi, pemerintah akan mulai membangun kawasan perbatasan Entikong ini.

Presiden berjanji akan merehabilitasi PPLB Entikong dan wilayah perbatasan lain di Indonesia. “Khusus PPLB Entikong, pembangunannya akan dimulai Maret mendatang,” kata Presiden Jokowi saat mengunjungi PPLB Entikong, Rabu (21/1) pagi.

Namun Kepala Negara mengingatkan, pada Desember mendatang ia akan kembali mengunjungi PPLB Entikong untuk melihat perkembangan pembangunan di sana.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berdialog dengan masyarakat setempat, yang di antaranya mengeluhkan kondisi jalan darat dari Entikong – Pontinak yang mengalami rusak berat.

Saat akan kembali menuju helikopter untuk meneruskan agenda kunjungannya, hujan deras turun mengguyur Entikong, sehingga memaksa Presiden Jokowi dan rombongan menunda perjalanannya selama sekitar 30 menit.

Setelah hujan reda, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sanggau untuk meninjau proyek pembangunan Jembatan Tayan. (Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru