Konferensi Tingkat Tinggi Ke-15 BRICS, di Johannesburg, Afrika Selatan, 24 Agustus 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 24 Agustus 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 502 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Konferensi Tingkat Tinggi Ke-15 BRICS, di Johannesburg, Afrika Selatan, 24 Agustus 2023

Terima kasih, Presiden Ramaphosa.

Yang mulia,
Saat ini dunia seakan bergerak tanpa nahkoda, seakan bergerak tanpa kompas yang jelas. Perang dan konflik telah menyebabkan tragedi kemanusiaan, krisis pangan telah mengakibatkan puluhan juta orang jatuh miskin, belum lagi ancaman perubahan iklim yang mengintai umat manusia. Dari pandemi kita telah diajarkan bahwa krisis global tidak akan bisa selesai kalau kita bekerja sendiri-sendiri atau oleh sekelompok negara saja, dibutuhkan kolaborasi dan solidaritas bersama untuk mengatasinya.

Kehadiran saya hari ini bukan hanya sebagai pemimpin Indonesia tapi sebagai sesama pemimpin the Global South yang mewakili 85 persen populasi dunia yang menginginkan win-win formula. Kehadiran saya di sini juga didasari keinginan untuk terus menghidupkan ‘Spirit Bandung’ yang masih sangat relevan sampai saat ini, dimana solidaritas, soliditas dan kerja sama antarnegara berkembang yang perlu terus diperkuat.

Yang mulia,
Sebelum kita membahas berbagai kerja sama, ada satu hal mendasar yang harus kita sepakati, semua dari kita harus konsisten menghormati hukum internasional dan hak asasi manusia. Kita semua melihat tatanan ekonomi dunia saat ini sangat tidak adil, gap pembangunan semakin lebar, rakyat miskin dan kelaparan semakin bertambah, dan situasi seperti ini tidak boleh dibiarkan.

Negara berkembang harus bersatu untuk memperjuangkan hak-haknya, diskriminasi perdagangan harus kita tolak, hilirisasi industri tidak boleh dihalangi, kita semuanya harus terus menyuarakan  kerja sama yang setara dan inklusif. BRICS dapat menjadi bagian terdepan untuk memperjuangkan keadilan pembangunan dan mereformasi tata kelola dunia yang lebih adil.

Terima kasih, Ketua.

Sambutan Terbaru