Kongres Ke-6 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, 29 Oktober 2021

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 29 Oktober 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 369 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Ketua Dewan Pers, Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, para Pemimpin Redaksi, Pengurus, dan Anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia;
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para jurnalis televisi yang telah membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 selama hampir dua tahun ini. Dengan menyampaikan informasi yang akurat, memberikan apresiasi dan semangat, tetapi juga kritik yang konstruktif.

Di masa pandemi, kita semakin menyadari pentingnya informasi. Masyarakat dibanjiri berbagai informasi terkait pandemi, infodemik, datang dengan cepat dan jangkauan masif tapi dampaknya tidak kalah dahsyat dibandingkan pandemi itu sendiri.

Di tengah banjirnya informasi, peran para jurnalis semakin penting. Menjadi suluh dari kegelapan, menjaga situasi tetap jernih, membangkitkan optimisme dan harapan dalam masyarakat. Jurnalisme tidak sekadar fakta, tetapi juga memperhitungkan dampak. Tidak sekadar good journalism tetapi juga wise journalism, jurnalisme yang bijak.

Hadirin yang saya hormati,
Pers hari ini adalah pers yang mampu beradaptasi dengan cepat. Gesit mengejar ketertinggalan, cepat mempelajari kompetensi baru, inovatif dalam menghadapi era disrupsi teknologi.

Kehadiran berbagai platform media baru harus memacu para jurnalis lebih kreatif dan produktif. Terus memperkuat value-nya sebagai penyebar informasi yang kredibel, meningkatkan kecermatan, menjaga independensi, dan objektivitas.

Kehadiran platform media baru juga harus mendukung transformasi kemajuan bangsa, bukan semata-mata dimotivasi untuk menumpuk jumlah viewer, menumpuk jumlah subscriber, menumpuk jumlah like, ataupun sekadar clickbait. Tetapi, seharusnya bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan.

Para jurnalis televisi yang saya banggakan,
Pemerintah akan terus memegang teguh komitmen untuk menjaga kemerdekaan pers. Membuka ruang bagi insan pers untuk menyuarakan kepentingan publik, terbuka atas sikap kritis dan solutif, mengawal berbagai kebijakan pemerintah.

Saya juga menyadari begitu banyak kritikan kepada pemerintah, terutama terhadap hal-hal yang belum bisa kita selesaikan. Kritik yang membangun itu sangat penting dan pemerintah akan menjawab dengan pemenuhan tanggung jawab, agar membuahkan hasil yang diharapkan untuk kepentingan rakyat.

Demikian yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya buka Kongres Ke-6 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Om santi santi santi om,
Namo Buddhaya.

Sambutan Terbaru