KPU Siap Selenggarakan Pilkada Serentak Tahun Ini Juga

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Februari 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 44.753 Kali
Ketua KPU Husni Kamil Manik didampingi komisioner KPU lainnya menyampaikan keterangan pers, seusai diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/2)

Ketua KPU Husni Kamil Manik didampingi komisioner KPU lainnya menyampaikan keterangan pers, seusai diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/2)

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipimpin ketuanya Husni Kamil Manik, Selasa (10/2) siang, di Istana Merdeka, Jakarta, menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, audiensi dengan Presiden itu dimaksudkan untuk melaporkan telah dilaksanakannya tugas konstitusional KPU menyelenggarakan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2015 secara tuntas.

“Kewajiban formalnya telah dilakukan. Sekarang kami sedang menyelesaikan yang tersisa dari penyelenggaraan pemilu itu, utamanya pemilu legislatif, dimana masih ada daerah-daerah tertentu yang jumlahnya sangat minimal dibanding jumlah kabupaten/kota di seluruh Indonesia masih mempersoalkan calon yang terpilih,” kata Husni.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015, Husni Kamil Manik menegaskan kesiapan KPU untuk menyelenggarakannya.

“Kami menyampaikan bahwa KPU dalam posisi yang siap menyelenggarakan Pilkada yang ada, dan meminta agar Presiden memastikan seluruh daerah dapat memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada dari segi anggaran maupun hal lain yang dibutuhkan,” ujar Husni.

Menurut Ketua KPU itu, pihaknya telah berkomunikasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk  untuk meng-exercise lagi mana saja tahapan yang bisa dipersingkat mana bagian yang bisa ditiadakan, jika Pilkada serentak dilaksanakan tahun 2015 ini.

Husni menegaskan, bahwa desain dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2015 ini, sudah diserahkan KPU ke DPR, sehingga jika disetujui DPR maka pelaksanaan Pilkada serentak bisa dilakuka pada tahun ini juga.

Graha Pemilu

Dalam kesempatan itu,  Husni Kamil Manik juga mengatakan keinginan KPU untuk berkantor bersama-sama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehoramatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sebuah gedung, yang bisa dinamakan Graha Pemilu.

Husni menjelaskan, bahwa kebutuhan Graha Pemilu itu bukan hanya gedung tapi perlu area yang nanti diperuntukan bagi kebutuhan publik yang menyampaikan aspirasi ke Bawaslu dan DKPP.

“Jadi lapangan itu bisa digunakan untuk penyampaian pendapat tapi juga tidak menghalangi lalu lintas di sekitarnya,” papar Husni.

Selain Husni Kamil Manik, komisioner KPU yang menghadap Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Ida Budhiati, Sigit Pamungkas, Hadar Nafis Gumay, dan Arief Budiman. (Humas Setkab/ES)

 

 

 

Berita Terbaru