Kuis Pancasila Presiden Jokowi di Momen Peringatan Hari Lahir Pancasila

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 1 Juni 2024
Kategori: Berita
Dibaca: 120 Kali

Presiden Jokowi memberikan kuis Pancasila kepada para KPM di GBB Teluk Binjai, Kota Dumai, Riau, Sabtu (01/06/2024). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Kemeriahan Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 tidak hanya terasa di tempat upacara di Pertamina Hulu Rokan (PHR), tetapi juga di Gudang Bulog Baru (GBB) Teluk Binjai, Kota Dumai, Provinsi Riau. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang hadir di sana pada Sabtu (01/06/2024), memberikan kuis Pancasila kepada para keluarga penerima manfaat (KPM).

“Tau semua kan Pancasila? Ada yang hafal Pancasila? Yang semangat saya suruh maju,” kata Presiden.

Salah satu penerima manfaat, Mamak Dena langsung berdiri dan mengangkat tangan mendengar pertanyaan dari Presiden. Dengan percaya diri dan bersemangat, Mamak Dena maju ke depan saat ditunjuk oleh Presiden Jokowi.

Awalnya, Mamak Dena berhasil melafalkan Pancasila secara lancar hingga sila ke-3. Namun pada sila ke-4, kata-kata yang diucapkannya sedikit berbelit. Tetapi dengan bantuan Presiden Jokowi, Mamak Dena akhirnya berhasil mengucapkan kelima sila Pancasila dengan lancar.

“Terlalu semangat jadi kepleset-pleset,” ucap Presiden.

Sama seperti Mamak Dena, Anton yang juga ditunjuk oleh Presiden Jokowi sempat keliru sebelum berhasil mengucapkan sila-sila Pancasila. Presiden pun memberikan sepeda kepada Mamak Dena dan Anton sebagai suvenir atas keberanian dan semangatnya dalam mengucapkan sila Pancasila.

Kuis Pancasila oleh Presiden Jokowi menjadi salah satu momen kebersamaan antara Presiden dan masyarakat di Peringatan Hari Lahir Pancasila. Partisipasi masyarakat dalam mengikuti kuis sederhana ini juga sebagai momentum memperkuat kesadaran masyarakat akan nilai-nilai Pancasila. (BPMI SETPRES/AIT)

Berita Terbaru