Kunjungan ke Pos Pengungsi Gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, 24 November 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 24 November 2022
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 435 Kali

Ya, saya datang ke Kecamatan Cugenang ini karena memang ini adalah episentrumnya dan yang paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh yang paling banyak adalah di sini, yang meninggal pun yang paling banyak juga di sini.

Tadi, saya juga sudah mendatangi rumah sakit. Memang awal ada 741 pasien yang masuk ke rumah sakit, tetapi tadi tinggal 24, karena ada sebagian yang dirujuk ke Jakarta dan ke Bandung, dan yang lain memang sudah diperbolehkan pulang. Yang paling penting setelah nanti evakuasi ini selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan. Yang sudah saya sampaikan hari Selasa yang lalu, Rp50 juta untuk yang rusak berat, yang sedang Rp25 juta, yang ringan Rp10 juta. Ya, saya rasa itu.

Wartawan
Untuk pembangunan rumahnya ini akan dikoordinir langsung sama pemerintah atau uangnya diberikan langsung ke warga, Pak?

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Bisa beberapa skema: ada yang nanti dibangun oleh Kementerian PU, ada juga yang dibangun dibantu oleh TNI, ada juga yang diserahkan kalau memang itu bisa mempercepat. Kita tidak terpaku pada satu skema, ya. Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru