Kunjungan Kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Provinsi DKI Jakarta, 9 Januari 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 9 Januari 2024
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 245 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo mengenai Kunjungan Kerja ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam, 9 Januari 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,
Siang hari ini, saya dan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Filipina, ke Vietnam, dan ke Brunei Darussalam. Kunjungan terakhir saya ke ketiga negara ini sudah lebih dari lima tahun yang lalu. Dan, sudah dikunjungi oleh beliau-beliau ke Indonesia mungkin tidak sekali, dua kali, tiga kali, bahkan ada yang lima kali, baik perdana menteri maupun presidennya.

Tahun ini juga, Indonesia dan Filipina merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Dan, Filipina merupakan mitra penting Indonesia. Juga, produk alutsista Indonesia banyak yang dibeli oleh Filipina, serta investasi Indonesia di Filipina juga cukup signifikan.

Kemudian, Vietnam merupakan salah satu mitra strategis perdagangan Indonesia yang pencapaian target perdagangannya juga semakin tahun semakin baik, sehingga kita ingin membicarakan target pencapaian untuk perdagangan yang lebih baik lagi.

Dan terakhir, memang kunjungan ini karena ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen, sehingga ini adalah juga kunjungan khusus ke Brunei Darussalam, selain juga ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei agar investasi di Indonesia.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan, saya dan rombongan terbatas tadi akan kembali ke Indonesia tanggal 14 Januari 2024.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Wartawan
Pak, terkait dengan pertemuan dengan Presiden Bongbong Marcos, apakah akan membahas soal Laut Cina Selatan, Pak? Karena beberapa hari ini kapal US dan Australia sedang patroli di situ, mungkin untuk menurunkan ketegangan di kawasan?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya, salah satunya.

Wartawan
Pak Presiden hari ini memakai dasi warna apa sih, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Warna-warni.

Wartawan
Pak, izin Pak, terkait dengan kerja sama ekonomi, apakah akan ada proyek-proyek yang ditawarkan oleh Indonesia di pertemuan di tiga negara itu?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya banyak, jadi banyak memang karena investasi kita di Filipina juga banyak, investasi kita di Vietnam juga banyak, kemudian Brunei Darussalam juga ingin banyak investasi di Indonesia, karena beberapa kali pertemuan di forum-forum ASEAN selalu saya sampaikan. Tapi, ini saya kira memang memerlukan pertemuan-pertemuan khusus di Filipina, di Vietnam maupun di Brunei.

Wartawan
Bapak, izin satu lagi Pak. Pak Anies mengkritik Bapak karena kemarin sempat mengomentari soal jalannya debat kemarin Pak. Tanggapan Bapak terhadap kritiknya Pak Anies ini seperti apa?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Saya berbicara untuk ketiga calon dan untuk perbaikan-perbaikan ke depan, juga untuk introspeksi kita semuanya, untuk evaluasi kita semuanya. Saya tidak berbicara satu calon atau dua calon ya.

Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru