Kunjungi Kampung Samin, Presiden Jokowi: Beri Waktu Saya Untuk Bekerja

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 8 Maret 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 30.701 Kali
Suasana dialog Presiden Jokowi dengan warga Samin, di Desa Klopoduwur, Kec. Banjarejo, Blora, Jateng, Sabtu (7/3)

Suasana dialog Presiden Jokowi dengan warga Samin, di Desa Klopoduwur, Kec. Banjarejo, Blora, Jateng, Sabtu (7/3)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana saat berkunjung ke Kabupaten Blora, Jateng, Sabtu (7/3), menyempatkan diri mengunjungi sedulur Sikep (sebutan warga Kampung Samin), Desa Klopoduwur, Kec. Banjarejo.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengaku senang dengan tradisi masyarakat Samin yang terus menjaga budaya adatnya, salah satunya dengan mengenakan pakaian adat, yang juga sering dikenakan oleh Gubernur Jateng. Ia meminta warga Samin agar terus merawat perkampungan adat dan budayanya untuk mencegah masuknya budaya asing.

“Semua hal yang berkaitan dengan budaya leluhur yang dari turun temurun selalu dipertahankan. Ini yang nantinya akan menjadi kekuatan bangsa, karakter kita dan tidak hilang ditelan oleh waktu dan jaman,” tutur Jokowi.

Beri Saya Waktu

Saat diberi kesempatan berdialog, warga Samin menyampaikan berbagai permasalahan, mulai dari masalah penyediaan air bersih, penyediaan rumah, juga masalah kemiskinan yang mendera mereka.

Menanggapi hal itu, Presiden mengatakan, soal rumah ia akan mengirimkan stafnya untuk menghitung apa saja yang dibutuhkan. Namun  sebagai langkah awal, Presiden Jokowi langsung menyerahkan sumbangan Rp 100 juta untuk membangun instalasi air bersih yang dibutuhkan warga.

Adapun soal kemiskinan sebagaimana disampaikan lurah Desa Klopoduwur, Presiden Jokowi mengatakan, meskipun saat ini fokusnya menangani kesenjangan di Indonesia Timur, tetapi ia tidak menutup mata di Jawa pun masih banyak yang perlu ditingkatkan.

“Saya juga jadi Presiden baru 4 (empat) bulan lebih sedikit. Beri waktu saya untuk bekerja,” kata Presiden Jokowi.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Kampung Samin itu antara lain Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru