Kunjungi Mamuju, Presiden Jokowi Janjikan Penyelesaian Jaringan Irigasi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 41.306 Kali
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana meninjau jaringan irigasi yang rusak di Mamuju, Sulbar, Kamis (6/11)

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana meninjau jaringan irigasi yang rusak di Mamuju, Sulbar, Kamis (6/11)

Pada hari kedua kunjungannya ke Sulawesi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Widodo pada Kamis (6/11) pukul 07.30 WIT meninggalkan Makasar, Sulawesi Selatan, menuju Mamuju, Sulawesi Barat dengan dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) 100.

Setelah menempuh waktu perjalanan sekitar 45 menit, presiden bersama Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Tampapadang, Mamuju, disambut oleh Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh dan para pimpinan daerah Sulawesi Barat.

Selanjutnya, dengan mobil menuju lokasi program penyediaan dan pengembangan prasarana dan sarana pertanian dalam rangka pengelolaan air irigasi di Desa Beru-beru, Kecamatan Kaluku.

Dukung Irigasi

Di Sulawesi Barat, Presiden Jokowi pertama-tama mengunjungi pengelolaan air irigasi di Desa Beru-beru, Kecamatan Kaluku. Sebagaimana di daerah lain, kedatangan Presiden dan Ibu Iriana Widodo ke Desa Beru-Beru, Kecamatan Kaluku, Mamuju juga disambut antusiasme warga.

Masyarakat tampak antusias dalam menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Mereka berebut untuk bersalaman dengan Presiden, sementara Ibu Negara Iriana Widodo terlihat berfoto bersama dengan masyarakat yang terlihat begitu dekat di hati masyarakat yang merupakan kunjungan Presiden pertama ke desa mereka.

Saat meninjau fasilitas pengelolaan air irigasi yang rusak itu, Presiden Jokowi mengakui bahwa irigasinya masih banyak yang kurang di Desa Beru-Beru, Kecamatan Kolaka Kabupaten, Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Ia pun mentargetkan dalam 2 (dua) tahun masalah ini akan selesai.

“Menteri PU sudah OK dalam 6 bulan akan dimulai, Insya Allah pertengahan tahun depan akan dimulai. Yang penting dalam bendungan di Desa Beru-Beru ini air dialirkan ke sawah kemudian ada perluasan sawah lagi, termasuk bendungann yang di Tomu, irigasinya semuanya bisa masuk ke sawah, sehingga produksi akan meningkat minimal 30%,” kata Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan warga yang memenuhi lokasi kunjungannya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada Abdullah, warga Desa Beru-Beru, Kecamatan Kaluku, Mamuju, Sulawesi Barat.

Seusai mengunjungi pengolahan irigasi di Desa Beru-Beru, Kecamatan Kaluku, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke kampung nelayan, Desa Sumare, Mamuju.  Presiden ingin melihat langsung bagaimana kehidupan dan kondisi kampung nelayan yang sesungguhnya di Sulbar. Selain itu, untuk mendengarkan langsung dari sana apa saja permasalahan nelayan.

Dalam perjalanan menuju ke kampung nelayan itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo menyempatkan diri mengunjungi perkebunan Gernas Kakao di dusun Limbongbassi, desa Saletto, Kecamatan Simboro.

Dari kampung nelayan, Presiden Jokowi dan rombongan akan makan siang di rumah dinas Gubernur Sulawesi Barat, dan selanjutnya bertolak ke bandara untuk melanjutkan perjalanan ke Kendari.

Di Kendari, Presiden dan Ibu Negara akan menghadiri Musyawarah Nasional XII Kegiatan Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA). Selesai acara KAGAMA, pada Kamis (6/11) sore ini, sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Presiden dan rombongan akan meninjau Pelabuhan Perikanan Samudera, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ini antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Kun/Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru