Kunjungi Papua, Presiden Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Fasilitas PON 2020

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 Mei 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 43.326 Kali
Presiden Jokowi didampingi Wagub Papua dan Menteri PUPR meletakkan batu pertama pembangunan fasilitas PON 2020, di Jayapura, Papua, Sabtu (9/5)

Presiden Jokowi didampingi Wagub Papua dan Menteri PUPR meletakkan batu pertama pembangunan fasilitas PON 2020, di Jayapura, Papua, Sabtu (9/5)

Mengawali kunjungannya ke Jayapura, Sabtu (9/5) pagi, di kampung Harapan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama pembangunan fasilitan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20, yang akan digelar tahun 2020 mendatang.

Presiden Jokowi yang mengenakan baju warna putih lengan panjang celana hitam disambut Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal dan sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Papua.

Sebagaimana diketahui sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menpora No. 0110 tahun 2014 tertanggal 2 April 2014, Papua telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON ke-20, tahun 2020 mendatang.

Provinsi paling timur di Indonesia itu dipilih sebagai tuan rumah menyisihkan Bali dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD) karena dinilai telah siap menyelenggarakan pesta olahraga nasional di Indonesia yang diadakan setiap empat tahun sekali.

Konektivitas

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, proyek pembangunan fasilitas PON 2020 itu penting bukan hanya bagi tanah Papua. Tetapi juga bagi keolahragaan di Indonesia. “Pembangunan fasilitas PON juga bagian dari membangunan konektivitas Indonesia melalui olahraga karena nanti setelah dari Jayapura, saya akan ke Manokwari¬† untuk meresmikan¬† Papua Maluku Sulawesi Cable System yang akan meningkatkan konektivitas komunikasi antara Papua denga wilayah-wilayah lain di Indonesia,” katanya.

Presiden menekankan, tanah Papua perlu dibangun tidak hanya fisiknya tetapi juga jiwa dan raganya. Melalui olahraga dan penetapan Papua sebagai lokasi PON 2020, Presiden Jokowi meyakini akan menjadi awal kebangkitan olahraga di Indonesia, terutama di wilayah Timur.

Sementara itu dalam kunjungan keduanya ke Papua, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana selain melakukan peletakan batu pertama pembangunan fasilitas PON 2020, juga dijadwalkan mengunjungi Pasar Sentani, meresmikan bangunan IPDN di Buper-Waena, peluncuran KIP, KIS dan KKS, dan peletakkan batu pertama pembangunan jembatan Holtekamp di Kota Jayapura.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan melihat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan peninjauan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Papua, di Abepura, Jayapura. (Humas Setkab/ES)

 

Berita Terbaru