Kunjungi Waduk Gondang, Presiden Jokowi Optimistis Produksi Padi di Jateng Akan Meningkat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 11 Maret 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 32.401 Kali
Presiden Jokowi mendapat penjelasan dari Menteri PUPR mengenai pembangunan Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar (11/3). (Foto:Humas/Moerti)

Presiden Jokowi mendapat penjelasan dari Menteri PUPR mengenai pembangunan Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar (11/3). (Foto:Humas/Dindha)

Seusai memberikan kuliah umum di Universitas Sebelas Maret (UNS), Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengunjungi Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo, kawasan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (11/3) siang.

Presiden Jokowi menjelaskan, pembangunan Waduk Gondang itu saat ini sudah menyelesaikan 24% dari rencana, dan diharapkan nanti tahun depan akhir karena dikerjakan pagi, siang, malam, 3 shift, sudah selesai.

Menurut Presiden Jokowi, Waduk Gondang ini akan mengairi 4.800 hektar sawah, baik yang berada di Karanganyar maupun yang ada di Sragen, tapi 80% berada di Sragen nantinya yang diairi. “Tapi enggak apa-apa Sragen juga wilayah Indonesia, jangan dipisah-pisahkan,” tuturnya.

Presiden meyakini, proses-proses pembangunan waduk-waduk yang dikerjakan itu, setelah selesai nantinya akan membuat produksi meningkat, baik yang berkaitan dengan padi atau beras dan produksi-produksi yang lainnya.

“Selain Waduk Gondang, kalau yang di Karanganyar baru Waduk Gondang, tetapi tadi Pak Bupati baru saja membisiki di Jelantah, tapi belum diputuskan loh. Dicek lapangan, kira-kira bisa mengairi sawah yang banyak nanti kita kerjakan,” terang Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menjelaskan, tahun lalu waduk yang dibangun sudah 13, tahun ini 8. Masih sisa 28 lagi yang akan dikerjakan pemerintah. Menurut Presiden, target pembangunan keseluruhan waduk itu akan selesai dalam 3 tahun, ada yang 2,5 tahun, ada yang 4 tahun. “Memang tergantung besar kecilnya waduk dari Sabang sampai Merauke,” terangnya.

Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) 

Di luar agenda yang telah dijadwalkan, rangkaian mobil yang ditumpangi Presiden Joko Widodo dalam perjalanan dari Universitas Sebelas Maret menuju Waduk Gondang Karanganyar, memasuki Gudang Bulog Triyagan, Karanganyar, Jumat (11/3) siang.

Tiba pada pukul 10.45 WIB, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Usai melakukan inspeksi di gudang Bulog tersebut, Presiden mengatakan kepada wartawan bahwa kunjungan yang dilakukannya merupakan kunjungan yang mendadak. Presiden ingin mengetahui dan mengecek kegiatan yang dilakukan di Gudang Bulog.  Selanjutnya, Presiden Jokowi melaksanakan solat Jumat di Masjid Baitul Imah, 5 menit sebelum Waduk Gondang, di Kabupaten Karanganyar, Jateng.

(SLN/ES)

Berita Terbaru