Laksanakan Perpres 42/2020, Kepala BKPM Berikan Anugerah Layanan Investasi 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 12 Oktober 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 1.875 Kali

Sumber: BPKM

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2022 pemerintah daerah (pemda) dan kementerian/lembaga yang memperoleh hasil penilaian terbaik atas kinerja layanan investasi. Penyerahan ALI 2022 dilakukan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Dalam sambutan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

“Perpres ini mengamanatkan untuk menilai kinerja kementerian/lembaga dan kepala daerah khususnya terkait percepatan pelayanan investasi,” ujar Bahlil.

Pemberian anugerah ini, kata Bahlil, didasarkan pada penilaian yang dilakukan oleh tim independen dari berbagai instansi, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Proses penilaian dilakukan dalam kurun waktu empat bulan.

“Tim ini sangat independen, ada KPK. Untuk lebih independen, Kementerian Investasi saya bilang jangan ikut dinilaikan. Ini untuk menjaga independensi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Investasi juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bahu membahu mendukung upaya untuk mencapai target Rp1.200 triliun investasi tahun 2022 di tanah air.

“Saya terima kasih dari lubuk hati yang paling dalam kepada bapak/ibu gubernur, bapak/ibu wali kota/bupati, dan seluruh kepala DPMPTSP [Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu], dan lebih khusus kepada menteri-menteri yang sudah membantu,” pungkasnya.

Berikut pemenang ALI Tahun 2022:

Penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia
Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara

Kategori Pemerintah Provinsi
Terbaik ke-1 – Pemprov Jawa Tengah
Terbaik ke-2 – Pemprov Sulawesi Tengah
Terbaik ke-3 – Pemprov Sumatra Selatan

Kategori Pemerintah Kota
Terbaik ke-1 – Pemkot Tangerang
Terbaik ke-2 – Pemkot Medan
Terbaik ke-3 – Pemkot Bandung

Kategori Pemerintah Kabupaten
Terbaik ke-1 – Pemkab Gresik
Terbaik ke-2 – Pemkab Sragen
Terbaik ke-3 – Pemkab Badung

Kategori Kementerian/Lembaga
Terbaik ke-1 – Kementerian Perhubungan
Terbaik ke-2 – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
Terbaik ke-3 – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

(GUN/UN)

Berita Terbaru