Lantik Pejabat Baru, Seskab: Bergembiralah Ketika Bekerja, Jangan Bekerja Dengan Takut

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 Januari 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 24.689 Kali
Seskab Pramono Anung menyaksikan penandatangani berita acara pelantikan Wakil Seskab (Waseskab), di aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (9/1) pagi. (Foto: Agung/Humas)

Seskab Pramono Anung menyaksikan penandatangani berita acara pelantikan Wakil Seskab (Waseskab), di aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (9/1) pagi. (Foto: Agung/Humas)

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, promosi dan rotasi dalam organisasi seperti Sekretariat Kabinet (Setkab) adalah hal yang biasa. Ia menegaskan, dalam organisasi seperti Setkab, pergantian itu hal yang tidak mungkin untuk dihindarkan.

“Saya kalau boleh, Pak Bistok (Bistok Simbolon, mantan Waseskab, red) saya pertahankan sampai saya selesai karena saya merasa bisa bekerja dengan baik pada Pak Bistok. Tetapi tentunya organisasi tidak bisa seperti itu. Organisasi harus berubah, organisasi harus mengalami perubahan,” jelas Pramono saat memberikan sambutan pada pelantikan 49 pejabat di lingkungan Setkab, di aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Senin (9/1) pagi.

Namun Seskab menegaskan, sebagaimana yang telah disampaikannya berulangkali, bahwa dirinya mempercayai sumber daya manusia  yang ada di Setkab, dan dirinya tidak akan mengambil dari luar. “Dan itu saya lakukan sebelumnya,” ujarnya.

Kepada para pejabat yang baru dilantiknya, Seskab Pramono Anung mengingatkan, bahwa mereka hari ini mendapat kehormatan, baik mendapatkan rotasi maupun promosi. Karena itu, Seskab meminta agar mereka bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh.

“Bergembiralah ketika bekerja. Jangan bekerja dengan takut,” tutur Pramono seraya menambahkan, bahwa dirinya juga mengamati dan mengawasi para pejabat di lingkungan Setkab dengan cara kegembiraan.

Diakui Seskab, mungkin beberapa yang hari ini mendapat kehormatan dilantik menjadi eselon 2, secara langsung belum pernah berkoordinasi dengan dirinya. Tetapi ditegaskan Seskab, dirinya  melihat kinerja mereka semua, termasuk pejabat Eselon I.

“Maka dengan demikian, mudah-mudahan kita ke depan, sekali lagi Saudara-saudara sekalian, bisa membuat manajerial di Sekretariat Kabinet ini benar-benar menjadi sebuah kabinet yang dihormati, dihargai oleh siapapun,” pesan Pramono.

Walaupun bekerja dalam kegembiraan, Seskab Pramono Anung berharap para pejabat di lingkungan Sekretariat Kabinet harus teliti, jangan sampai membuat kesalahan-kesalahan yang elementer.

Ia menegaskan, dirinya membaca semua surat yang masuk, karena dengan cara begitu dirinya mengetahui beberapa hal yang prinsip. “Karena dengan demikian, dengan melakukan itu saya meyakini bahwa sebagai pemimpin Saudara-saudara sekalian mudah-mudahan saya bisa membawa perubahan dalam kehidupan organisasi ini,” pungkasnya.

Sudah Koordinasi Dengan KASN

Dalam kesempatan memberikan sambutan itu, Seskab Pramono Anung secara tidak langsung menjawab pertanyaan mengenai promosi jabatan di lingkungan Setkab yang tidak dilakukan dalam proses apa adanya.

“Saya secara khusus menanyakan hal ini kepada Ketua KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), apakah boleh yang dulu sudah lelang jabatan itu saya angkat atau dipromosikan untuk menjadi pejabat di lingkungan yang sama. Secara resmi Kepala KASN menyampaikan itu diperbolehkan,” jelas Pramono.

Dengan penjelasan dari Ketua KASN itulah, lanjut Seskab, dirinya mengajukan kepada Presiden untuk 3 jabatan eselon I di lingkungan Setkab. “Alhamdulillah disetujui dan pada hari ini kita lantik. Maka demikian Saudara-saudara sekalian, saya selalu berkeinginan bahwa teman-teman yang bekerja di Setkab ini, walaupun bekerja sampai malam tapi penuh dengan kegembiraan,” ujar Seskab.

Pelantikan para pejabat itu dihadiri oleh Utusan Khusus Presiden bidang Penetapan Batas Maritim RI – Malaysia Eddy Pratomo, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP dan Lenis Kagoya, Staf Khusus Menko Kemaritiman Lambock V. Nahattands, Deputi Polhukam Fadlansyah Lubis, Deputi Administrasi Farid Utomo, Deputi Perekonomian Agustina Murbaningsih, Deputi Dukungan Kerja Kabinet Yuli Harsono, dan para pejabat eselon II di lingkungan Sekretariat Kabinet. (FID/ES)

Berita Terbaru