Lepas Kontingan SOIna, Presiden Jokowi Bangga Prestasi Atlet Tuna Grahita Indonesia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 Juli 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 47.107 Kali
Presiden Jokowi berfoto bersama atlet tuna grahita Indonesia yang akan mengikuti World Summer Games 2015, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/7)

Presiden Jokowi berfoto bersama atlet Indonesia yang akan mengikuti World Summer Games 2015, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/7)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasi atas prestasi atlet-atlet penyandang tuna grahita atau disabilitas intelektual yang selalu masuk 5 besar pada pertandingan Special Olympic International di kawasan Asia Pasifik.

“Disini saya melihat prestasi atlet di Indonesia sangat membanggakan terlihat dari berbagai kegiatan kompetisi. Sebagai salah satu kontingen yang memberikan kebanggan bagi bangsa, kontingen harus dapat mempertahankan prestasi seperti yang dicapai di Athena 2011 dengan 15 emas, 13 perak, dan 11 perunggu,” kata Presiden Jokowi saat melepas Kontingen Special Olympic Indonesia (SOIna) untuk mengikuti Special Olympic International World Summer Games 2015, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/7) sore.

Presiden menilai, prestasi atlet-atlet SOIna itu karena dari sisi pembinaan, dari sisi Pelatnas sudah betul. Karena itu, Kepala Negara meyakini nantinya dari medali yang sudah diperoleh bisa menjadi pemicu semangat kepada atlet dan memberikan kepercayaan bahwa atlet Indonesia adalah atlet yang tangguh.

Presiden berharap kontingen dapat meningkatkan prestasi, memperbanyak medali, dan mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.

Ketua Kontingen SOIna dr. Pudji Hastuti, M.Sc mengatakan, Special Olympic merupakan suatu gerakan yang memberdayakan para penyandang tuna grahita atau disabilitas intelektual melalui olahraga, agar mereka menjadi manusia yang produktif, berguna, dan dapat diterima sebagai bagian dari masyarakat yang setara.

Sejak tahun 1991, kata Pudji, SOIna telah enam kali mengikuti Special Olympic World Summer Games dan dua kali Winter Games yang merupakan kompetisi oleharaga tingkat dunia empat tahunan.

Pada World Summer Games tahun ini, lanjut Pudji, kontingen SOIna akan mengikuti 7 dari 25 cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu atletik, renang, bulu tangkis, basket, tenis meja, sepakbola, dan bocce (bola gelinding).

“Pada World Summer Games tahun ini, SOIna diminta mengirimkan satu atlet yang bertugas mewakili atlet mengucapkan sambutan selamat datang pada pembukaan dan terima kasih pada penutupan Olimpiade (International Global Messenger), yaitu Stefani Handoyo, peraih medali emas pada World Summer Games 2011 di Athena, Yunani,” papar Pudji seraya menyebutkan, Special Olympic International World Summer Games 2015 akan berlangsung pada 25 Juli – 2 Agustus 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Tampak hadir dalam acara pelepasan itu antara lan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawai, Ketua Umum Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial Haryono Suyono, dan Ketua Umum FORMI Hayono Isman. (GUN/AGG/ES)

 

Berita Terbaru