Lewat Video Conference, Menkominfo Minta K/L Hilangkan Ego Sektoral Dalam Konteks Kehumasan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 November 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 15.684 Kali
Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi didampingi Gubernur Jabar, dan Dirjen IKP memukul gong tanda pembukaan Temu Bakohumas 2016, di Bandung, Jabar, Kamis (17/11) pagi. (Foto: Humas/Deni)

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi didampingi Gubernur Jabar, dan Dirjen IKP memukul gong tanda pembukaan Temu Bakohumas 2016, di Bandung, Jabar, Kamis (17/11) pagi. (Foto: Humas/Deni)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta para pejabat yang mengelola masalah kehumasan di Kementerian/Lembaga (K/L) agar menghilangkan ego sektoralnya, dan melakukan integrasi di konteks kehumasan sehingga pemerintah bisa mempunyai jaringan yang kuat di pusat dan daerah.

Menurut Menkominfo, pemerintah melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2015 mencoba untuk memperbaiki cara kerja komunikasi pemerintah.

Ia menyebutkan, di pusat ada 34 K/L yang memiliki website yang jalan masing-masing. Namun sekarang ada space yang disediakan  untuk mendiseminasikan jika ada event nasional, serta mengkomunikasi aktivitas dan pencapaian K/L lainnya.

“Integrasi antar K/L ini diperlukan agar reputasi serta kerja nyata pemerintah bisa dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat,” kata Rudiantara dalam dalam sambutannya melalui  video teleconference yang disampaikannya dalam acara Temu Bakohumas dan Komunitas Bakohumas Tingkat Nasional Tahun 2016, di Harris Hotel & Convention Festival City Link, Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/11) pagi.

Menkominfo mengingatkan, bahwa tantangan kehumasan ke depan jauh lebih berat. Disamping karena keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia), juga adanya pekembangan teknologi yang cukup pesat yang bergeser dari cetak, elektronik, dan sekarang ke online.

Diikuti 900 Peserta

Sebelumnya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sekaligus Ketua Umum Bakohumas, Rosarita Niken Widiastuti menyatakan,  bahwa tujuan kegiatan Temu Bakohumas ini, sebagai upaya melakukan koordinasi, sinkronisasi, komunikasi dan meningkatkan kerjasama antar  aparatur pemerintah, dalam melaksanakan Government Public Relation (GPR).

Pertemuan Bakohumas yang mengambil tema Membangun Reputasi Indonesia Melalui Kerja Nyata Humas dan Komunitas Informasi ini, menurut Niken, dihadiri kurang lebih 900 orang dari seluruh Humas Kementerian dan Lembaga di Indonesia.

“Kegiatan ini meupakan rangkaian kegiatan 2 hari dengan sosialisasi dari beberapa Menteri Kabinet dengan mengadakan Forum Dialog Interaktif di hari pertama, kegiatan kedua akan di sampaikan Anugerah Media Humas, Anugerah Pemenang Festival Petunra dan Pemenang Kompetisi Blogger yang diikuti 489 blogger,” kata Niken. (AS/DNS/ES)

Berita Terbaru