Manfaat Nyata Jembatan Kretek 2 bagi Masyarakat

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 2 Juni 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 2.900 Kali

Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Kretek 2, di Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (02/06/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Jembatan Kretek 2 yang ada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (02/06/2023). Jembatan sepanjang 2,7 kilometer yang membentang di atas Sungai Opak tersebut dinilai memberikan banyak manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

“Ini manfaatnya sangat besar sekali untuk menyingkat waktu, untuk mengurangi pengeluaran bagi pengunjung, dan sebagainya sehingga masyarakat sangat apresiasi apa yang diprogramkan oleh pemerintah pusat lewat pemerintah daerah sekarang sudah terlaksana,” ujar Topo, Lurah Parangtritis, dalam keterangannya.

Topo pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan Jembatan Kretek 2 sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Topo juga menyebut jembatan tersebut sudah lama dinantikan kehadirannya oleh masyarakat.

“Bapak Presiden, Pak (Menteri) PUPR, Pak Gubernur, Pak Bupati, semua pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga sekarang menjadi kenyataan yang diidam-idamkan masyarakat bisa terlaksana dengan baik,” ungkap Topo.

Manfaat turut dirasakan oleh Ida, seorang penjual sate koyor yang sehari-hari berdagang di sekitar kawasan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Bantul. Menurut Ida, hasil usahanya meningkat sejak adanya Jembatan Kretek II.

“Manfaatnya banyak kita bisa ngasih peluang orang yang ekonominya menengah, bisa usaha di sana ramai alhamdulillah, pokoknya alhamdulillah bisa membantu warga, pokoknya terima kasih terima kasih Pak Jokowi,” ucap Ida.

Tidak hanya bagi para pedagang, manfaat Jembatan Kretek 2 juga dirasakan oleh warga bernama Dwi Atmanto. Ia mengaku jarak tempuh ke kawasan Parangtritis dan sekitarnya menjadi lebih cepat dan mudah dijangkau.

“Yang dulu harus muter jauh, sekarang tinggal kalau muter itu setengah jam lebih, sekarang seperempat jam sudah bisa mengakses pantai-pantai di selatan, termasuk Parangtritis dan pantai lainnya,” ujar Dwi. (BPMI SETPRES/AIT)

Berita Terbaru