Mantan Kapolri Badrodin Haiti, Taufik Ismail, dan 3 Bupati Terima Tanda Kehormatan RI

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 Agustus 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 32.267 Kali
Presiden Jokowi memberikan Tanda Kehormatan RI kepada budayawan Taufik Ismail, di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8) siang. (Foto; Deny S/Humas)

Presiden Jokowi memberikan Tanda Kehormatan RI kepada budayawan Taufik Ismail, di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8) siang. (Foto: Humas/Deni)

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71, Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8) siang, menganugerahkan Tanda Kehormatan RI kepada sembilan orang tokoh yang dinilai berjasa besar bagi bangsa dan negara.

Mantan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal (Purn) Badrodin Haiti adalah salah satu penerima Tanda Kehormatan atas jasanya di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 64/TK/2016 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana.

Sementara itu, penerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama berdasarkan Keputusan Presiden No. 65/TK/2016, antara lain:

  1. Saifudin Aswari Riva’i, Bupati Lahat Provinsi Sumatera Selatan (periode 2008-2013 dan 2013-2018), atas jasanya dalam bidang sosial kemanusiaan dengan program listrik masuk desa, 99 persen wilayah desa di Lahat terjangkau oleh listrik.
  2. Nurdin Abdullah, Bupati Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan (periode 2008-2013 dan 2013-2018), atas jasanya dalam bidang koperasi dan UMKM dengan menata pedagang kaki lima di Pantai Seruni dan Pantai Lamalaka.
  3. Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo provinsi DIY (periode 2011-2016), atas jasanya dalam bidang koperasi dan UMKM dengan motto Bela dan Beli Kulon Progo.
  4. Andi Eka Sakya, Kepala BMKG (periode 2013-sekarang), atas jasanya dalam bidang pelayanan BMKG dengan menggagas open data policy.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Presiden No. 66/TK/2016, Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma diberikan kepada:

  1. Mangkunegara VI (Alm Raden Mas Soerjo Soeparto), atas jasanya dalam pelestarian budaya Jawa, musik, dan drama tradisional.
  2. Taufik Ismail, atas jasanya dalam sastra dan penyair.
  3. Martha Tilaar, atas jasanya dalam pelestarian jamu dan herbal.
  4. Achadiati Ikram, atas jasanya dalam bidang Filologi.

Acara pemberian Tanda  Kehormatan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR Ade Komarudin, Ketua DPD RI Irman Gusman, Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta, Menko Polhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Jaksa Agung Prasetyo, dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). (DND/ES)

Berita Terbaru