Media Center KTT Ke-43 ASEAN Siap Layani Jurnalis 24 Jam

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 28 Agustus 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.142 Kali

Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menlu Retno LP Marsudi dalam Media Gathering KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Senin (28/8/2023). (Foto: Tim Komunikasi & Media KTT Ke-43 ASEAN)

Jelang penyelenggaraan rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyiapkan media center yang berlokasi di Exhibition Hall B Jakarta Convention Center (JCC). Media center tersebut beroperasi pada tanggal 2 sampai 8 September 2023.

“KTT ASEAN kali ini masih dengan pengaturan yang serupa dengan KTT sebelumnya. Peliputan dimulai dari kedatangan para kepala negara di bandara oleh host media, dan disiarkan secara langsung di media center. Sedangkan pengaturan untuk akses peliputan media dalam sidang KTT, gala dinner, dan spouse program akan diinformasikan kemudian,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, dalam media gathering KTT Ke-43 ASEAN, di Jakarta, Senin (28/08/2023).

Budi mengungkapkan, sebanyak 1.077 jurnalis dalam dan luar negeri tercatat akan melakukan peliputan di KTT ke-43 ASEAN 2023. Menkominfo pun mengajak para pewarta yang berasal dari 170 media internasional dan 70 media nasional tersebut untuk turut menyukseskan penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN.

“Lewat pertemuan ini saya berharap kita memiliki visi dan pemahaman yang sama dalam mendukung kesuksesan gelaran ini,” kata Budi.

Sementara itu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong menambahkan, media yang telah melakukan registrasi dan terakreditasi  dapat mengambil kartu tanda pengenal (ID badge) di media center.

“Media yang sudah mendaftar atau melakukan registrasi nanti dapat mengambil ID badge masing-masing di media center,” kata Usman.

Usman mengungkapkan, media center yang memiliki daya tampung hingga 2.500 orang ini siap melayani para jurnalis peliput KTT ke-43 ASEAN selama 24 jam.

Media center beroperasi selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan peliputan rekan-rekan media,” ujar Usman.

Untuk menunjang kinerja para wartawan, lanjut Usman, Kominfo menyiapkan jaringan internet berkapasitas 1,5 gigabyte per second (gbps) yang terpasang di 240 komputer workstation. Fasilitas lainnya yang disiapkan mulai dari dedicated international broadcast center distribution, 10 office media partner booth berukuran 5 x 3 meter, audio video editing booth, one-on-one studio, hingga multi-format broadcast conversion. Terdapat pula fasilitas media briefing room, press conference room dengan kapasitas 300 pax+five, dan interpreter.

Kominfo juga akan menyiapkan rilis dalam dua bahasa, foto, dan video pack dalam dua bahasa, clean feed broadcast dan buletin terkait KTT ke-43 ASEAN 2023. Selain di media center, berbagai informasi terkait KTT ke-43 ASEAN dapat diakses di ASEANpedia.  (TIM KOMUNIKASI & MEDIA KTT KE-43 ASEAN/UN)

Berita Terbaru