Mendadak Ke RS M. Djamil, Presiden Jokowi: 97% Pakai Kartu BPJS, Tidak Ada Pungutan Apapun

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 12 April 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 34.139 Kali
Presiden Jokowi didampingi Seskab dan Gubernur Sumbar menjawab wartawan usai mendadak mengunjungi RS. M. Djamil, Padang, Selasa (12/4) siang. (Foto: Fitri/Humas)

Presiden Jokowi didampingi Seskab dan Gubernur Sumbar menjawab wartawan usai mendadak mengunjungi RS. M. Djamil, Padang, Selasa (12/4) siang. (Foto: Humas/Fitri)

Seusai meresmikan Monumen Merpati Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (12/4) siang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah menteri secara mendadak menyempatkan diri mendatangi Instalasi Bedah Umum Kelas I Rumah Sakit Umum (RSU) Dr. M. Djamil.

Dalam kesempatan itu sebagaimana biasa, Presiden menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah pasien dan keluarga pasien, serta pihak RSU Dr. M. Djamil. Menurut Presiden, 97% pasien di rumah sakit tersebut menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan tanpa dipungut biaya apapun.

“Tadi saya mengecek data, terutama penggunaan BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Hampir kira-kira 35% menggunakan Kartu Indonesia Sehat, selain itu sisanya memakai BPJS. 97% pasien di sini pakai BPJS,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai mengunjungi RSU Dr. M. Djamil, Padang.

Menurut Presiden, dirinya juga sempat menanyakan kepada pasien atau keluarganya mengenai ada tidaknya biaya bagi pemegang kartu BPJS di rumah sakit tersebut.

“Tadi saya tanyakan ke pasien, tidak ada pungutan biaya, saya kira baik. Hanya dari rumah sakitnya ditanyakan saja, ada keluhan, mengenai pembayaran. Itu saja,” pungkas Presiden Jokowi.

(GUN/ES)

Berita Terbaru