Mendagri Berharap Masalah Perbatasan Timor Leste Selesai Tahun Ini

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 5 Februari 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 9.240 Kali
Batas Republik Indonesia dan Timor Leste

Batas Republik Indonesia dan Timor Leste

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap masalah perbatasan Timor Leste dapat selesai pertengahan tahun ini. Urusan tersebut akan melibatkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) karena menjadi urusan hubungan antarnegara.

“Mudah-mudahan selesai pertengahan tahun ini. Tidak hanya di Timor Leste tapi juga lainnya, seperti dengan Papua Nugini, di Sebatik, Entikong-Sanggau, Natuna, harus bisa selesai,” kata Tjahjo usai acara Penandatanganan Secara Simbolis Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa Lingkup Kemendagri Tahun 2016 di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (5/2).

Sebelumnnya, Republik Demokratik Timor Leste menduduki secara ilegal perbatasannya dengan Indonesia. Padahal, wilayah ini steril, sehingga tak diperkenankan ada aktivitas di atasnya. Namun justru dibangun permanen kantor pertanian, balai pertemuan, gudang Dolog, tempat penggilingan padi, pembangunan saluran irigasi dan jalan diperkeras.

Dengan adanya kondisi tersebut, Pemerintah Republik Indonesia dan Timor Leste sepakat mempercepat penyelesaian masalah perbatasan yang ditandai dengan kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke negara itu pada Januari lalu.

(Puspen Kemendagri/ES)

Nusantara Terbaru