Menerima Pengurus dan Anggota Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembangan Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI), dan Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA), 16 September 2019, di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 16 September 2019
Kategori: Pengantar
Dibaca: 195 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-Ibu sekalian,
Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih pada seluruh Ketua dan jajaran Pengurus REI, APERSI, dan HIMPERRA yang sore hari ini hadir.

Yang pertama, selama empat tahun terakhir ini pemerintah telah fokus melakukan percepatan pemenuhan kebutuhan perumahan terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Sehingga bisa menurunkan backlog rumah yang mencapai angka 11,4 juta. Dan pada tahap berikutnya kita akan konsentrasi pada upaya percepatan penyediaan rumah yang layak bagi kurang lebih 945.000 ASN kita, PNS kita, dan 275.000 prajurit TNI, serta 360.000 anggota Polri kita. Dari percepatan pemenuhan kebutuhan rumah ini kita mengharapkan bisa mendorong dan memberikan multiplier effects pada pertumbuhan ekonomi.

Dan yang kedua, capaian Program Satu Juta Rumah juga terus menunjukkan kinerja yang lebih baik dan meningkat. Ini angka-angkanya, di 2015 terbangun 699.000, kemudian 2016 805.000, 2017 904.000, dan untuk pertama kali di tahun 2018 mencapai 1,1 juta rumah. Sehingga total sudah 3,5 juta unit yang telah terbangun. Dan ini akan diteruskan 2019 ini yang kita targetkan 1,25 juta rumah yang dibangun bagi masyarakat.

Yang ketiga, pada sore hari ini saya ingin mendengar secara langsung dari REI, dari APERSI, dari HIMPERRA mengenai terobosan-terobosan apa yang harus kita lakukan dalam lima tahun ke depan sehingga bisa kita carikan solusi yang konkret. Dan kita harapkan percepatan pembangunan perumahan betul-betul bisa kita realisasikan.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini sebagai pengantar. Saya persilakan Pak Ketua untuk menyampaikan. Saya minta pendek-pendek saja tapi fokus sehingga nanti kita catat dan akan segera saya tindak lanjuti lewat kebijakan setelah diskusi dengan menteri-menteri yang ada.

Saya silakan.

Pengantar Terbaru