Mengenal Pasukan Cordon, Penyambut Para Tamu Negara di Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 6 September 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 1.550 Kali

Pasukan Cordon menyambut para kepala negara yang hadir pada KTT ke-43 ASEAN di JCC Jakarta. (Foto: InfoPublik/Amiriyandi).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi menggelar acara jamuan santap malam atau gala dinner bagi para pemimpin negara ASEAN, negara mitra, dan organisasi internasional yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN pada tanggal 5-7 September di Jakarta. Acara gala dinner ini digelar di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (06/09/2023).

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Hutan Kota GBK sekitar pukul 19.11 WIB. Keduanya terlihat mengenakan baju adat betawi.

Selanjutnya Presiden dan Ibu Iriana bersiap menyambut para pemimpin negara ASEAN dan mitra yang hadir pada gala dinner. Selain Presiden dan Ibu Negara, kedatangan para tamu negara tersebut juga disambut dan mendapatkan  penghormatan militer dari Pasukan Kehormatan atau Pasukan Cordon dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Pasukan Cordon merupakan prajurit-prajurit militer TNI Angkatan Darat terbaik yang bertugas sebagai pengawal protokoler kenegaraan.

“Tugas Pasukan Cordon menyambut kedatangan kepala-kepala negara yang menghadiri KTT ASEAN ke-43,” kata Komandan Pleton Pasukan Kehormatan Cordon,” Letda CPM Sumarjo Sianturi, dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (06/09/2023).

Sumarjo menjelaskan, Pasukan Cordon mengenakan seragam yang berbeda dengan pasukan lainnya.  Tak hanya saat gala dinner, pasukan dengan seragam berwarna hitam ini juga terlihat menyambut para kepala negara saat ketibaan di Jakarta Hall Convention Center (JCC), Jakarta, tempat berlangsungnya KTT ke-43 ASEAN.

“Jika saat kepala-kepala negara di Istana [Kepresidenan] kita mengenakan [seragam] merah putih. Tapi saat KTT ASEAN ini kita istimewa menggunakan baju Pasukan Cordon,” ujarnya.

Sumarjo mengatakan, pasukan ini telah melakukan persiapan matang untuk menyambut kepala negara yang hadir di KTT ASEAN.

“Selama kita melaksanakan latihan, kendalanya tidak ada. Semuanya aman, lancar dan terkendali,” tandasnya. (TIM KOMUNIKASI & MEDIA KTT ASEAN 2023/UN)

Berita Terbaru