Menjenguk Korban Bencana Gempa Cianjur di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, 24 November 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 24 November 2022
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 361 Kali

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, yang pertama tadi pagi sudah saya sampaikan, penyelamatan. Evakuasi, itu yang pertama. Kemudian, tadi saya ke sini untuk memastikan bahwa perawatan yang sakit itu betul-betul tertangani dengan baik. Memang di awal ada 741 pasien, sekarang tinggal 24. Yang lain sudah sebagian dipulangkan, sebagian juga dirujuk ke Bandung maupun ke Jakarta untuk yang kasus-kasus berat, ke Sukabumi untuk yang kasus-kasus berat. Saya rasa, saya melihat penanganan di sini baik. Yang berat dirujuk, itu juga baik. Kemudian, yang sudah sembuh juga diperbolehkan untuk pulang.

Wartawan
Pak, izin. Posko pengungsian tersebar di banyak lokasi, tidak hanya di satu titik saja, bagaimana?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Itu sulitnya mendistribusikan logistik, kemudian juga mengevakuasi, karena titiknya banyak sekali. Kenapa hari Selasa pagi saya sampaikan, gunakan heli kalau diperlukan? Karena memang titiknya terlalu banyak, medannya juga naik-turun gunung yang juga tidak mudah. Dan, evakuasi tadi yang ada 39 yang belum ditemukan, tadi juga sudah saya perintahkan untuk segera dimulai sebelum datangnya hujan. Moga-moga nanti semuanya bisa tertangani, kemudian kita bisa konsentrasi ke rehabilitasi kembali, karena ini kelihatannya gempanya sudah agak mereda, ya. Saya rasa itu. Terima kasih.

Wartawan
Evakuasi juga sangat menyulitkan, Pak, karena tanah juga cenderung berbahaya kalau hujan deras. Gimana Pak?
Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)

Iya, iya, iya. Tadi juga kenapa enggak mulai-mulai, karena berhitung tanahnya gampang longsor, kalau kedahuluan hujan juga berbahaya. Tapi, tetap tadi saya sampaikan, dimulai, ya. Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru