Menkes: 94 Juta Penduduk Indonesia Sudah Divaksinasi, Peringkat Kelima Dunia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 4 Oktober 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 38 Kali

Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan Keterangan Pers usai Rapat Terbatas mengenai Evaluasi PPKM, Senin (04/10/2021), secara virtual. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Pemerintah terus mengakselarasi program vaksinasi nasional untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Kita sudah melampaui dua juta suntikan per hari di bulan September,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (04/10/2021), secara virtual.

Berdasarkan jumlah penduduk yang divaksinasi, ungkap Budi, Indonesia berada di peringkat kelima di dunia.

“Per hari ini, sudah 94 juta orang Indonesia yang divaksinasi dosis pertama. Indonesia ada di ranking kelima dunia. Kita naik satu tingkat karena menyusul Jepang yang ada di kisaran 80-an juta orang,” ungkapnya.

Sedangkan berdasarkan jumlah suntikan, cakupan vaksinasi di tanah air sudah mencapai 148 juta dosis dan berada di peringkat keenam dunia.

Lebih lanjut, Menkes memaparkan bahwa pihaknya telah menerima sebanyak kurang lebih 222 juta dosis vaksin COVID-19 dan sekitar 193 juta dosis di antaranya telah didistribusikan ke seluruh penjuru tanah air.

“Jadi total stok yang ada di kita masih ada di kisaran 70 jutaan [dosis], masih cukup banyak. Sekarang kita terus membicarakan bagaimana percepatan vaksinasi ini,” tandasnya. (FID/UN)

Berita Terbaru