Menkes: Cakupan Vaksinasi Hingga 16 Agustus Capai 83 Juta Dosis

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 16 Agustus 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 169 Kali

Menkes Budi Gunadi Sadikin pada Keterangan Pers mengenai Penerapan dan Evaluasi PPKM, Senin (16/08/2021) secara virtual. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa hingga hari ini, Senin (16/08/2021), pemerintah telah berhasil melakukan penyuntikan sebanyak 83 juta vaksin COVID-19, baik untuk dosis pertama maupun kedua.

“Alhamdulillah per hari ini kita sudah mencapai angka 83 juta suntikan. Sekarang posisi Indonesia itu nomor 9 di dunia dari jumlah yang disuntikkan, mungkin hari ini sudah naik menjadi nomor 8 di dunia dari jumlah yang disuntikkan. Ini untuk menjawab keragu-raguan,” ujar Menkes dalam Keterangan Pers mengenai Evaluasi dan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (16/08/2021) malam, secara virtual.

Jika sebelumnya diperlukan waktu sekitar 27 minggu, yaitu sejak 13 Januari sampai 8 Juli untuk mencapai cakupan 50 juta vaksinasi, maka dengan upaya akselerasi yang terus dilakukan pemerintah menargetkan cakupan vaksinasi dapat mencapai 100 juta suntikan di akhir bulan ini.

“Saya dikasih target oleh Pak Menko dan Pak Presiden, jangan 27 minggu, bisa enggak tujuh minggu [untuk] mencapai 50 juta berikutnya. Sehingga kita sedang bekerja keras supaya kita bisa mencapai 100 juta di akhir bulan ini,” ungkapnya.

Sejalan dengan percepatan vaksinasi yang terus dilakukan, pemerintah juga terus bekerja keras untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan vaksin yang dibutuhkan. Jika dari bulan Januari sampai Juli jumlah vaksin jadi mencapai 90 juta, pada bulan Agustus ini akan ada 70 juta dosis vaksin.

Bulan ini saja vaksin yang datang 70 juta [dosis]. Jadi kita bayangkan kita mesti menyuntik yang tadinya tujuh bulan, dalam satu bulan kita mesti suntik,” ujar Budi.

Sebagai informasi, pemerintah telah berhasil memenuhi target dua juta vaksinasi harian yang ditetapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk bulan Agustus ini. Pada Jumat (13/08/2021) lalu, telah dilakukan vaksinasi kepada sebanyak 2,8 juta orang. (DND/UN)

Berita Terbaru