Menko PMK: Pertemuan GPDRR Momentum Perkuat Pengurangan Risiko dan Penanggulangan Bencana

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 Mei 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 206 Kali

Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Humas/Rahmat)

Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) Tahun 2022 akan berlangsung pada tanggal 25-27 Mei di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Forum GPDRR ini merupakan momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana.

“Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan risiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional,”  ujar Muhadjir, dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Senin (23/05/2022).

Forum yang akan diikuti oleh 4.091 delegasi dari 193 negara yang hadir secara daring dan luring ini akan membahas sejumlah topik di antaranya adalah tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihan pascapandemi.

Muhadjir menyampaikan setidaknya ada empat  target yang ingin dicapai selama pagelaran pertemuan global ini, mulai dari pemulihan pasca pandemi hingga meningkatkan kesadaran publik terkait pengurangan dan penanggulangan risiko bencana.

“Target pertama lebih ke pemulihan pasca COVID-19, target kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana, target ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana, dan target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan,” ujarnya. (HUMAS KEMENKO PMK/UN)

Berita Terbaru