Menkominfo Ajak K/L Bersinergi Komunikasikan Sidang Tahunan MPR RI Pada Masyarakat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Agustus 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 23.682 Kali
Menkominfo saat menghadiri pembukaan acara forum tematik bakohumas MPR di Jakarta (10/8). (Foto:Humas/Anggun).

Menkominfo saat menghadiri pembukaan acara forum tematik bakohumas MPR di Jakarta (10/8). (Foto:Humas/Anggun).

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) mulai Selasa (16/8) mendatang akan menyelenggarakan rangkaian sidang, yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD RI, dan Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Masa Sidang 2016-2017.

Pada Sidang Tahunan MPR RI itu, Presiden Joko Widodo diagendakan akan menyampaikan pidato terkait laporan kinerja lembaga negara.

“Sidang MPR pagi hari itu acara tahunan, pertanggungjawaban kita penyelenggara negara kepada masyarakat apa yang kita lakukan,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat membuka Forum Tematik Bakohumas MPR RI, di Gedung Nusantara V, Senayan, Jakarta, Rabu (10/8) pagi.

Untuk itu, Menkominfo mengajak seluruh insan kehumasan Kementerian/Lembaga (K/L) yang hadir dalam forum dengan tema “Sosialisasi Penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI” itu, untuk bersinergi mengkomunikasikan substansi dari pertanggungjawaban kinerja K/L kepada masyarakat melalui kanal yang dimiliki.

“Setiap K/L mempunyai situs, saya minta pada saat tanggal 16 yang naik adalah yang berkaitan dengan itu (Sidang Tahunan MPR RI, red),” ujar Menkominfo.

Contoh kanal lain yang dapat digunakan, kata Rudiantara, adalah videotron yang juga dimiliki beberapa K/L. “Semangatnya bahwa masyarakat yang ada di manapun, di jalan, dapat mengetahui,” tegasnya.

Selain Sidang Tahunan MPR RI, Menkominfo juga mengajak K/L untuk bekerjasama mengkomunikasikan kepada masyarakat dua momentum lainnya, yaitu Sidang Bersama DPR-DPD RI dan Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Masa Sidang 2016-2017.

Dalam dua agenda itu, Presiden Joko Widodo secara berturut-turut akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan ke-71 RI, serta Nota Keuangan dan RAPBN 2017.

“Komunikasi itu all out dan bekerja sama antar kementerian/lembaga,” tegas Menkominfo Rudiantara menekankan pentingnya kesatuan penyelenggara negara dalam penyebarluasan informasi.

Selain sosialisasi penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR RI, pada forum tematik Bakohumas ini juga dibahas kajian ketatanegaraan dengan pembicara Ketua Badan Pengkajian MPR RI Bambang Sadono, serta dimensi kehumasan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono.(GUN/UN/ES)

Berita Terbaru