Menkominfo: Meriahkan Bulan Kemerdekaan Secara Daring Lewat Rumah Digital Indonesia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 Juli 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 46 Kali
Menkominfo Johnny Gerard Plate

Menkominfo Johnny Gerard Plate (Foto: Dokumentasi Humas Setkab)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyambut baik dan mendukung penuh Rumah Digital Indonesia (RDI) yang dinilainya sebagai gagasan luar biasa dan menjadi bagian penting dalam perayaan Bulan Kemerdekaan di tengah situasi pandemi saat ini.

“Rumah Digital ini wujud dari suatu ekspresi sebuah inovasi yang menunjukkan semangat kita di peringatan bulan kemerdekaan ini tetap menyala di tengah pandemi. Juga merupakan wujud dari kecepatan kita beradaptasi yang memungkinkan bahwa keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 ini tidak menghalangi kita sebagai bangsa dalam penghayatan kita terhadap nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme,” ujar Johnny, dalam Keterangan Pers mengenai Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, Jumat (30/07/2021).

RDI adalah platform digital yang disiapkan pemerintah sebagai wadah Perayaan Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia sehingga masyarakat dapat memeriahkannya secara daring serta menikmati berbagai sajian yang diberikan selama satu bulan penuh di bulan Agustus nanti.

“Kominfo mendukung penuh ini. Ini adalah kecepatan adaptasi kita di dalam memanfaatkan teknologi digital merayakan hari kemerdekaan kita. Tetap mempertahankan nilai-nilai patriotisme kita, nasionalisme kita, tetapi sekaligus tersedia ruang bentuk ekspresi kegembiraan,” ujar Menkominfo.

Ia menambahkan, utilisasi platform digital menjadi bagian tak terpisahkan dari tugas Kementerian Kominfo. “Satu tarikan napas dari tugas pokok Kominfo untuk mendorong inovasi teknologi sebagai bagian dari solusi yang membawa manfaat bagi negeri kita, bagi masyarakat, dan bagi bangsa kita,” imbuhnya.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan virtual dalam RDI melalui rumahdigitalindonesia.id akan berlangsung selama sebulan penuh mulai dari tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2021. Masyarakat di seluruh Indonesia dapat menyaksikan dan berpartisipasi secara gratis melalui platform tersebut.

“Marilah kita rayakan ini secara bersama-sama dalam ruang digital sebagai manifestasi kemampuan masyarakat kita dalam beradaptasi dengan COVID-19, tetapi tetap semangat dan meriah merayakan 17 Agustus,” pungkas Menkominfo. (FID/UN)

Berita Terbaru