Menlu Matangkan Persiapan Jelang Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 29 Juni 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 1.310 Kali

Menlu Retno LP Marsudi (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi terus mematangkan persiapan menjelang pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/06/2022). Menlu RI bertemu dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba untuk membahas persiapan akhir pertemuan kedua pemimpin tersebut.

“Tadi pagi saya telah bertemu juga dengan Menteri Luar Negeri Ukraina dan kita membahas persiapan terakhir sebelum kedua Presiden melakukan pertemuan bilateral pada siang hari ini,” ujar Retno dalam keterangannya di Kyiv, Rabu (29/06/2022).

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kyiv, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat. Sejam kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kyiv, dan meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang.

“Di dalam kunjungan ke Irpin, Bapak Presiden dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak karena perang. Namun demikian, 40 persen dari penduduk Irpin dikatakan sudah kembali ke Kota Irpin,” jelasnya.

Dari Kota Irpin, Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Iriana kemudian meninjau salah satu rumah sakit di sekitar Kyiv. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Indonesia, berupa obat-obatan yang diperlukan oleh rumah-rumah sakit yang ada di Ukraina.

“Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang,” imbuh Menlu. (BPMI SETPRES/UN)

Berita Terbaru