Menlu Retno: Tidak Ada Pembicaraan Pembelian Sukhoi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Mei 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 21.873 Kali
Presiden Jokowi dan Presiden Putin menyaksikan penandatangana MoU antar kedua negara, Rabu (18/5), di Bucherov Rucey, Sochi, Rusia. (Foto: BPMI/Rusman)

Presiden Jokowi dan Presiden Putin menyaksikan penandatangana MoU antar kedua negara, Rabu (18/5), di Bucherov Rucey, Sochi, Rusia. (Foto: BPMI/Rusman)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Vladimir Putin, Kamis (18/5) kemaren, tidak ada pembicaraan khusus mengenai rencana pembelian pesawat tempur Sukhoi dari Rusia. Hal itu ditegaskan Menlu menjawab isu yang beredar bahwa Indonesia membeli atau memborong pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia.

“Jadi saya perlu klarifikasikan bahwa sampai detik ini, pada detik ini, peristiwa (pembelian Sukhoi Su-35) itu tidak ada, karena masih ada beberapa hal yang harus kita selesaikan,” demikian disampaikan Retno usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan 4 CEO Perusahaan terkemuka Rusia, di Radisson Blu Hotel, Sochi, Rusia (19/5).

Menlu mengungkapkan dalam pertemuan bilateral antar kedua kepala negara kemaren dibahas kerja sama pertahanan dalam konteks yang lebih luas. “Tidak hanya mengenai masalah pembelian alutsista tetapi hal-hal lain yang terkait kemungkinan transfer of technology, pengembangan sumber daya manusia, dan lain-lain,” terang Menlu.

Selain kerja sama pertahanan, lanjut Menlu, pertemuan bilateral juga membahas kerja sama di bidang perdagangan, investasi, pariwisata, investasi infrastruktur, maritim, dan lain. (UN)

Berita Terbaru