Menteri ESDM: Ternyata, Minat Investor Pembangkit Listrik Betul-betul Tinggi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 Desember 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 58.963 Kali
Menteri ESDM Sudirman Said

Menteri ESDM Sudirman Said

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengemukakan, dari target pengadaan listrik 35.000 Mega Watt (MW) sampai akhir tahun ini sudah ada kontrak pengadaan sebanyak 17.340 MW.

“Ini satu target yang patut kita syukuri. Tentu saja kita harus review satu persatu. Tapi kita syukuri, ternyata minat investor betul-betul tinggi. Sekarang tugas dari semua, bagaimana kontraknya bisa dijalankan,” kata Sudirman kepada wartawan setelah menghadiri pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sekitar 150 investor pembangkit listrik, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12) siang.

Menurut Sudirman, dalam pertemuan dengan para investor itu, Presiden Jokowi telah menanyakan secara detil progress dari masing-masing, yang menunjukkan adanya concern dari pemimpin kita yang tidak ingin dilaporkan yang baik-baik saja.

“Jadi kita punya tools untuk memonitornya,” ujar Sudirman.

Mengenai masalah tarif, Sudirman menjelaskan, aka nada kesepakatan karena aka nada tarif patokan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). “Antara pengembang dan PLN akan punya kesepakatan.  Planningnya PLN kurang lebih 10ribu akan ditandatangani,” ungkap Sudirman.

Komitmen Presiden

Sementara itu Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengemukakan, dalam kunjungan Presiden ke berbagai tempat selalu digugat masyarakat, kebutuhan listrik tidak memadai, beberapa daerah melakukan pemadaman berkali-kali.

Ia menyebutkan, prediksi pembangunan ekonomi, kebutuhan listriknya kira-kira  satu setengah persen.  Karena itu, angka 35 ribu megawaatt itu merupakan antisipasi pemerintah dalam menangani krisis di 2019.

“Saya kira Komitmen presiden cukup jelas yaitu penyederhanaan perizinan yang sudah dilakukan lewat paket-paket ekonomi  sampai ke 8 dan sudah dilanjutkan. Soal lahan ada beberapa alternatif,” pungkasnya. (DID/JAY/ES)

 

Berita Terbaru