Menteri Pariwisata Lepas Pawai Pesta Kesenian Bali ke-37

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 Juni 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 152.652 Kali
Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Mendagri dan Gubernur Bali memukul gong tanda dimulainya Pesta Kesenian Bali, Sabtu (13/6)

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Mendagri dan Gubernur Bali memukul gong tanda dimulainya Pesta Kesenian Bali ke-37, Sabtu (13/6)

Menteri Pariwisata Arif Yahya melepas pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 di Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Sabtu (13/6). Didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, dan Ketua DPRD Provinsi Bali, Menteri Pariwisata memukul Gong Beri tanda pelepasan pawai Pesta Kesenian Bali ke-37.

Dalam laporannya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan,  tampilan kesenian dalam pawai menggambarkan relevansi kehidupan seni budaya masyarakat Bali sebagai bagian dari upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Pawai dikemas dalam bentuk karya seni kolosal kesenian atau kebudayaan khas daerah setiap kabupaten dan kota di Bali, serta ditampilkan oleh duta budaya kabupaten/kota se-Bali,” kata Pastika.

Pawai Pesta Kesenian Bali ini, lanjut Gubernur, berupaya untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi seniman untuk berkreasi. “Pawai ini sekaligus menggambarkan kesiapan kabupaten di Bali untuk tampil menyukseskan Pesta Kesenian Bali ke-37,” kata Pastika.

Pesta Kesenian Bali Tahun 2015 akan dilaksanakan dari tanggal 13 Juni sampai 11 Juli 2015. “Pesta Kesenian Bali merupakan representasi kekayaan dan kekhasan seni budaya yang dimiliki masyarakat Bali,” ujar Pastika.

Tema Pesta Kesenian Bali tahun ini adalah Jagadhita yang berarti memperkokoh kesejahteraan masyarakat.

Selain budaya di Bali, PKB tahun ini juga menampilkan kebudayaan dari NTT, Lampung, Bantul, Blitar, serta kesenian dari negara India dan Timor Leste.

Pawai PKB dimulai dengan tarian selamat datang, tari Pendet, diikuti dengan tarian Wirayudha. Tarian Siwa Nataraja yang ditampilkan berikutnya merupakan tarian ikon PKB tahun ini. Kontingen Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Karangasem memperoleh kesempatan membuka pawai. (Humas Setkab/ES)

Nusantara Terbaru