Menteri PUPR Resmikan Rusunawa Ponpes Darul Ulum, Semarang

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 11 Maret 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 14.273 Kali

RusunawaMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum di Desa Reksosari, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (10/3).

“Pembangunan Rusun untuk santri ini merupakan salah satu program pemerintah Kabinet Kerja, yang merupakan tugas kami untuk membangun lebih baik, salah satunya di kawasan pendidikan ini karena dengan pendidikan kita bisa membangun bangsa lebih baik,” kata Menteri Basuki dalam sambutannya.

Dengan adanya rusun ini, Menteri PUPR berharap proses belajar santri bisa lebih baik dan lebih sehat lagi. Basuki juga berpesan kepada santri untuk selalu menjaga kebersihan tidak hanya di kamar tidur namun juga di lingkungan sekitarnya.

“Contohlah polisi, apabila kami membangun untuk kepolisian dan TNI pasti lingkungannya terawat dan bersih,” tutur Menteri Basuki.

Menurut Menteri PUPR itu, pada tahun 2015 ada 12 rusun yang dibangun di Jawa Tengah yang peruntukannya untuk TNI/Polri, buruh, mahasiswa dan pondok pesantren. Sedangkan untuk 2016 diprogramkan sebanyak 23 rusun lagi untuk dibangun di Jawa Tengah.

“Sekarang ini, tahun 2016, anggaran penyediaan rumah ada Rp 7 triliun. Untuk rusun pondok pesantren dan mahasiswa ada 7%, dengan kriteria-kriteria misalnya, jumlah santrinya lebih dari 500 orang, luas lahan minimal 2.000 m2, IMB sudah jelas. Jadi benar-benar tidak ada lain kecuali untuk santri,” papar Basuki.

Direktur Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan Robert Marbun mengatakan, bahwa rusun tersebut berdiri diatas lahan seluas 2.000 meter persegi, dengan luas bangunan 1.500 meter persegi. Terdiri dari 3 lantai dimana setiap lantainya terdapat 4 kamar besar dengan 5 kamar mandi dan 5 WC.

Setiap kamarnya, terdiri dari 20 tempat tidur bertingkat sehingga dapat ditempati oleh 40 santri. Selain itu setiap kamarnya dilengkapi 18 lemari

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin, Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Robert Marbun dan anggota DPD RI Ahmad Muqowam. (BKP PUPR/ES)

Nusantara Terbaru