Miliki Posisi Strategis, Seskab: Indonesia Tidak Khawatirkan Kemenangan Trump

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 November 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 19.617 Kali
Foto: Humas Setkab

Foto: Humas Setkab

Indonesia menghargai pilihan rakyat Amerika Serikat (AS) yang memenangkan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar hari Selasa (8/12) waktu setempat atau Rabu (9/1) pagi waktu Indonesia.

“Intinya kita menghargai pilihan rakyat AS, dan karena itu AS sebagai negara demokrasi, apapun pilihan itu tentunya juga kita harus menghormati,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kepada wartawan, di Kantor Presiden,  Jakarta, Rabu (9/11) sore.


Berdasarkan penghitungan yang dilansir media ternama Washington Post, Rabu (9/11), Trump telah meraih 276 electoral vote, meninggalkan rivalnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, yang meraih 218 electoral vote. Dengan perolehan ini berarti Trump telah melampaui ketentuan 270 electoral vote yang harus direbutnya untuk memenangkan pilpres.

Strategis

Seskab Pramono Anung mengemukakan, dari segi politik dan  hubungan bisnis perdagangan, Indonesia sangat menarik bagi pasar Amerika Serikat. Selain itu, Indonesia juga mempunyai sejarah yang cukup panjang dengan Amerika di dalam hubungan politik, perdagangan, bisnis, sosial dan budaya, sehingga dengan demikian  dia meyakini tidak akan ada pengaruh terhadap apapun atas kemenangan Donald Trump ini.

Menjawab wartawan atas kemenangan Trump itu, Seskab mengemukakan, dalam hubungan internasional pasti sebelum terpilih dan sesudah terpilih pasti ada penyesuaiannya, sehingga pemerintah tidak khawatir terhadap hal itu. (SM/ES)

Berita Terbaru