Minggu, Presiden SBY Hadiri Puncak Acara Sail Raja Ampat

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 20 Agustus 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 29.405 Kali

raja_ampatPresiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan menghadiri puncak acara Sail Raja Ampat di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat,  Minggu (23/8).

Menko Kesra Agung Laksono, yang meninjau persiapan acara pekan lalu, mengatakan Sail 2014 akan berlangsung sesuai jadwal, diisi dengan parade kapal sejumlah negara sahabat yang dipusatkan di Waisai.

“Lokasi yang telah disiapkan oleh panitia antara lain Pantai Waisai Torang CINTA sebagai lokasi acara puncak Sail Raja Ampat, Rumah Pintar, lokasi Pameran Potensi Daerah, Kantor Sekretariat Panitia Nasional, Akademi Perikanan Sorong, serta Balai Budi Daya Ikan Kerapu yang juga menjadi lokasi peninjauan,” kata Menko Kesra, di Jakarta, kemarin.

Pangkalan TNI AL Sorong bekerja sama Pemerintah Daerah juga berperan dalam memotivasi dan memobilisasi semua sumber daya daerah, termasuk keterlibatan sektor swasta.

Presiden SBY, kata Menko Kesra, selain menyaksikan parade kapal juga akan melakukan sejumlah kegiatan termasuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan di kawasan itu.

Agung telah meninjau sejumlah tempat acara puncak Sail Raja Ampat antara lain Pantai WTC, Bandar Udara Marinda, Pelabuhan Waisai, tenda-tenda dan Hotel untuk para tamu undangan dan peserta sail, trasportasi dan infrastruktur, serta meninjau Rumah Pintar Kofarkor.

Menurut Agung, pemerintah sudah menyalurkan dana sekitar Rp 1,5 triliun termasuk untuk pembangunan bandar udara dan demaga serta rumah sakit terkait penyelenggaraan Sail Raja Ampat itu.

Sail Raja Ampat menggelar antara lain Lingkar Nusantara IV Sailing, Desa Bangunan, Archipelago Youth Sailing, Yacht Rally, Seminar Nasional dan Internasional, Potensi Pengembangan Pariwisata, Pengembangan Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif, Olahraga Maritim, pameran potensi daerah, serta pelayanan sosial kesehatan.

Sail kali ini  merupakan program Sail Indonesia edisi ke-6. Lima edisi Sail Indonesia sebelumnya adalah Sail Bunaken pada 2009, Sail Banda (2010), Sail Wakatobi-Belitong (2011), Sail Morotai (2012), dan Sail Komodo (2013).

Untuk mensukseskan acara, jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Armatim) menerjunkan sedikitnya 20 kapal perang untuk menyemarakkan kegiatan bahari level internasional di Papua Barat. Salah satu armada yang mengawali adalah kapal rumah sakit (RS) terapung, KRI dr Soeharso.

Kegiatan Sail Raja Ampat 2014 melibatkan beberapa Kementerian/Lembaga sebagai anggota panitia, antara lain Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pertahanan, TNI, serta Pemerintah Provinsi, Kota dan Daerah. (Humas Kemenko Kesra/ES)

Nusantara Terbaru