Minta Maaf Atas Kekurangannya, SBY Ajak Masyarakat Dukung Presiden Jokowi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 26.432 Kali

SIlaturahmi-2Beberapa hari lagi menjelang masa akhir jabatannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri Silaturahim Nasional (Silatnas( bertema “Menuju Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan” di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Rabu (15/10).

Acara silahturahim itu yang merupakan refleksi akhir masa jabatan Presiden SBY – Wakil Presiden Boediono itu dihadiri oleh pejabat pemerintah daerah dari mulai Gubernur, Walikota, Pangdam, Kapolda, Dandim, dan Kapolres dari seluruh Indonesia.

Presiden SBY mengharapkan Silatnas mampu menyatukan hati, semangat, dan tekad untuk melanjutksn pembangunan Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

Presiden kemudian menyampaikan lima pesan:
1 Para pemimpin harus menyadari bahwa Pembangunan merupakan proses jangka panjang yang harus dilanjutkan;
2. Pemimpin harus memahami bahwa reformasi merupakan kesinambungan dan perubahan;
3. Pemimpin harus terbuka dan jujur dalam melanjutkan pembangunan. Artinya , pemimpin harus mengakui capain pemimpin sebelumnya. Kekurangan pemimpin lama hendaknya menjadi PR bagi penggantinya;
4. Pemimpin harus melakukan sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk mempetoleh hasil yang lebih baik; dan
5. Pemimpin harus senantiasa menggelorakan pilar kesatuan, kerukunan, harmoni, agar Indonesia mampu menghadapi tantangan global.

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY menyampaikan perminta maafnya atas kekurangannya memimpin negeri, dan belum mampu memenuhi harapan masyarakat. SBY mengatakan, bahwa 5 (lima) hari lagi ia akan menjadi warga biasa dan mohon diri kepada sluruh rakyat Indonesia.

Ia juga meminta masyarakat memberikan dukungan penuh kepada pemimpin baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menggantikannya pada 20 Oktober mendatang.

“Saya meminta saudara mendukung Presiden Joko Widodo dalam menghadapi tantangan baru yang tidak kecil,” kata Presiden SBY seraya berharap, seluruh pihak mendukung pemerintahan yang baru agar berjalan sukses
Pada akhir pidatonya Presiden SBY menyampaikan ucapan: “Selamat bertugas, selamat berbakti, dan selamat berjuang!”.

Sebelumnya Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menyerahkan penghargaan kepada Presiden SBY. Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo saat menyematkan pin kepada Presiden SBY dan mengatakan, “Soft landing ini dicatat sebagai sejarah baru,”

Menko Polhukam Djoko Suyanto mengatakan Silatnas juga untuk menyongsong pemerintahan baru yang akan dilantik 20 Oktober. Ia mengajak seluruh hadirin untuk mendoakan Mendagri Gamawan Fauzi cepat sembuh. (WID/Humas Setkab/ES)

Berita Terbaru