Pagi Ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Terbang ke Banjarbaru dan Tarakan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 15 Desember 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 22.348 Kali
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana setibanya di Banjarmasin melanjutkan perjalanan ke Kotabaru, Kalsel, Senin (15/12)

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana setibanya di Banjarmasin melanjutkan perjalanan ke Kotabaru, Kalsel, Senin (15/12)

Setelah mengunjungi lokasi bencana longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu (14/12) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana pada Senin (15/12) ini bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan  untuk menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara 2014.

Pada Senin (15/12) sore, Presiden dan rombongan dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke Tarakan, Kalimantan Utara, untuk menghadiri Musyawarah Nasional Perencanaan Pembangunan Regional Kalimantan, dan meninjau perbatasan di Sebatik, Nunukan.

Menggunakan pesawat kepresidenan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara terbang pukul 06.58 WIB. Dari Banjarbaru  Presiden  Jokowi dan rombongan akan melanjutkan penerbangan menuju Bandar Udara Gusti Syamsir Alam  di Stagen, Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Presiden menurut rencana pada Hari Nusantara ini akan mendeklarasikan Poros Maritim kepada dunia. Acara ini akan menjadi tonggak perubahan matra darat menjadi matra laut 2015–2019.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, Presiden Jokowi akan mengumumkan pembentukan Badan Keamanan Laut (Bakamla). Bakamla dibentuk berdasarkan Perpres No. 170 Tahun 2014.

“Bakamla ini memiliki tugas pokok melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yursdikdi Indonesia,” kata Andi.

Menurut Seskab Andi Widjajanto, pembentukan Bakamla menandakan era baru sinergitas operasi keamanan laut, yang didukung oleh sistem peringatan dini dari unit penindakan hukum yang terpadu.

Mendampingi Presiden dalam kunjungan ini antara lain  Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaja, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Tarakan dan Nunukan

Sore harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara akan kembali terbang dengan CN-295 ke Banjarmasin, dan melanjutkan penerbangannya menuju Bandar Udara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara, sebuah provinsi baru di Pulau Kalimantan.

Di Tarakan, Presiden Jokowi akan memberikan sambutan di acara Musyawarah Nasional Perencanaan Pembangunan tingkat regional Kalimantan. Acara dijadwalkan akan berlangsung pada Senin (15/12) pukul 19.00 WITA.

Presiden dan Ibu Negara direncanakan akan menginap di Tarakan semalam, dan pada Selasa (16/12) pagi, akan melanjutkan blusukannya ke Nunukan dan Sebatik, yang berbatasan dengan Malaysia.

(WID/ES)

 

 

 

Berita Terbaru