Palembang Tuan Rumah Kejuaraan Atletik Petugas Penjara Se-ASEAN

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 November 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 16.139 Kali

Atletik Petugas PenjaraKota Palembang, Sumatera Selatan, akan punya hajatan bagi para petugas penjara. Kota ini akan  menjadi tuan rumah The 19th ASEAN Prison Track and Field Championship (APTFC) 2015, yang akan digelar di Jakabaring Sport City. APTFC merupakan Kejuaraan Atletik bagi Petugas Pemasyarakatan antar negara-negara se Asia Tenggara.

Biro Humas dan KLN Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam siaran persnya menyebutkan,  kejuaran yang dihelat oleh  Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkumham ini akan berlangsung mulai  30 November hingga 2 Desember 2015, dan dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly.

Terdapat 5 Negara ASEAN yang sudah memastikan keikutsertaanya dalam APTFC ini diantaranya adalah Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

“Even dua tahunan ini sebelumnya dihelat di Malaysia (2013) dan Singapura (2011) dan akan menggunakan sistem penilaian poin,” tulis siaran pers Biro Humas Kemenkumham, Senin (30/11) siang.

Adapun cabang olahraga atletik yang dipertandingkan meliputi lari jarak pendek, menengah dan jauh, lompat jauh, lompat tinggi dan lompat jangkit, tarik tambang, tolak peluru dan diawali eksebisi golf.

Menurut Biro Humas Kemenkumham, Indonesia akan mengirimkan atlet sebanyak 43 atlet dalam kejuaraan itu. Sementara itu Brunei Darussalam mengirimkan 26 atlet, Thailand mengirim 70 atlet, Singapura dengan 37 atlet, dan yang paling banyak ialah Malaysia mengirim sebanyak 90 atletnya.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan K Dusak berharap pada kejuaraan tahun ini kontingen Indonesia dapat kembali meraih juara umum dan menjunjung tinggi sportivitas, sebagaimana prestasi yang pernah diraih pada tahun 2004 lalu.

“Kami berharap kontingen Indonesia menjadi juara umum dan tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas,” kata Dusak.

Ia menilai, kegiatan APTFC ini merupakan momentum yang tepat untuk mengenalkan serta mempromosikan budaya dan pariwisata yang ada di wilayah Sumatera Selatan kepada Negara lain sehingga mendongkrak wisatawan mancanegara.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, secara terbuka menyambut baik dan bahkan turut mensukseskan kegiatan yang akan dilakukan oleh Petugas Pemasyarakatan se- ASEAN di Kota Palembang dan membantu mefasilitasi. (Biro Humas dan KLN Kemenkumham/ES)

Nusantara Terbaru