Pangdam Cenderawasih: Papua 1 Desember Kondusif Dan Normal

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 1 Desember 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 11.220 Kali

Pangdam CenderawasihPangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian menegaskan hingga Selasa pagi pukul 07.30 WIT belum ada laporan tentang pengibaran bendera “bintang kejora”. Aktivitas warga Kabupaten Biak Numfor, Papua pada 1 Desember 2015 berjalan normal dan kondusif.  Masyarakat juga melaksanakan berbagai rutinitas keseharian dengan lancar.

Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan Papua aman dan kondusif menjelang tanggal 1 Desember yang biasa diperingati kelompok bersenjata OPM sebagai hari kemerdekaan Papua.

“Saya sudah mengecek ke satuan setingkat korem baik Korem 171 Biak, Korem 172 Jayapura, Korem 173 Sorong dan Korem 174 Merauke melalui apel radio. Namun tidak ada laporan pengibaran “bintang kejora”, kata Mayjen TNI Siburian kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Dikatakan, walaupun tidak ada pengibaran, pihaknya meminta anggota siaga dan jangan lengah.

Secara keseluruhan kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat aman atau kondusif, tegas Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Siburian.

Sementara itu Kapolres Jayapura Kota AKBP Jeremias Rontini secara terpisah kepada Antara mengatakan situasi kamtibmas di wilayahnya aman.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Senin malam (30/11) dilakukan razia di sejumlah ruas jalan dan hasilnya diperoleh senjata tajam berbagai jenis serta minuman keras.

“Barang barang tersebut disita dan kini diamankan di Mapolres Jayapura Kota,”jelas AKBP Rontini.

Setiap tanggal 1 Desember kelompok separatis TPN/OPM merayakan HUT-nya.(Ant/ES)

Nusantara Terbaru