Para Pejabat Tinggi IORA Siapkan Hasil-hasil Akhir Leaders’ Summit

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 Maret 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 16.804 Kali
Menlu Retno Marsudi berfoto bersama para menteri dan kepala delegasi negara anggota IORA, pada welcoming dinner, di Gedung Pancasila, Kemlu, Jakarta, Minggu (5/3) malam. (Foto: Ditinfomed Kemlu)

Menlu berfoto bersama para menteri & kepala delegasi negara anggota IORA, pada welcoming dinner, di Gedung Pancasila, Kemlu, Jakarta, Minggu (5/3) malam. (Foto: Ditinfomed Kemlu)

Pertemuan para Pejabat Tinggi negara-negara di kawasan Samudera Hindia atau Indian Ocean Rim Association (IORA), yang merupakan rangkaian pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) atau Leaders’ Summit IORA, telah berhasil mempersiapkan dokumen-dokumen akhir. Hari Senin (6/3) ini, hasil-hasil pembahasan tersebut akan disampaikan pada saat Pertemuan Tingkat Menteri. Kemudian, para Menteri akan melaporkan kepada para pemimpin di Leaders’ Summit pada Selasa (7/3) besok.

“Agenda utama pertemuan hari ini adalah mempersiapkan outcome documents, meliputi IORA Concord, IORA Plan of Action yang berisi beberapa rencana kegiatan selama 4 tahun ke depan dan deklarasi mengenai pencegahan dan perang terhadap terorisme dan ekstremisme kekerasan,” kata Direktur Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Desra Percaya dalam press briefing bersama dengan Sekjen IORA K.V. Bhagirath, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (5/3).

IORA Concord, jelas Desra, merupakan inisiatif kepemimpinan Indonesia, dan telah mendapatkan dukungan dari seluruh negara anggota IORA. Ia menambahkan, pertemuan para Pejabat Tinggi juga membahas aspek teknis untuk pertemuan di tingkat Menteri dan tingkat Puncak, seperti persiapan penandatanganan dokumen.

Sekjen IORA K.V. Bhagirath menyampaikan apresiasi atas suksesnya kepemimpinan Indonesia periode 2015-2017. “Inisiatif Indonesia telah berhasil mengumpulkan 21 negara anggota dalam pertemuan tingkat puncak. Leaders’ Summit merupakan pertama kali dalam sejarah 20 tahun IORA dan akan jadi game changer,” ujarnya.

Bhagirath berkeyakinan, IORA Leaders’ Summit akan membawa kerja sama selangkah lebih maju. Selanjutnya, menurut Bhagirath, tugas dari Sekretariat IORA nantinya adalah melaksanakan kesepakatan-kesepakatan yang dihasilkan.

Menurut jadwal, hari Senin (6/3) ini, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi akan membuka dan memimpin pertemuan tingkat menteri. Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan sambutan bertema kerja sama IORA menuju masa depan yang makmur dan berkelanjutan pada Business Summit bertema “IORA: Building Partnership for Sustainable and Equitable Economic Growth. (Dit Infomed Kemlu/ES)

Berita Terbaru