Pelamar CPNS Capai 829 Ribu, Panselnas Siapkan Tes CAT

Oleh Alfurkon Setiawan
Dipublikasikan pada 8 September 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 87.682 Kali

tes_catHingga hari Sabtu (6/9), jumlah pendaftar seleksi CPNS  tahun 2014 yang sudah berhasil mendapatkan nomor registrasi mencapai 829.000 orang. Adapun yang sudah membuka pendaftaran sebanyak 170 instansi, mengakhiri masa pendaftaran tes CPNS, Minggu (7/9).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman, Sabtu (6/9) mengatakan  tahap berikutnya adalah pelaksanaan ujian yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Panitia seleksi nasional (panselnas) melaporkan infrastruktur untuk ujian online itu sudah siap digunakan.

Herman Suryatman menambahkan, infrastruktur untuk CAT disiapkan banyak pihak.

“Laporan dari tim IT Panselnas, peralatan untuk CAT sudah siap digunakan,” katanya di Jakarta.

Herman mengatakan fasilitas CAT yang pertama disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Baik yang ada di BKN kantor pusat atau yang tersebar di 12 kantor regional,” tuturnya. Khusus di kantor pusat BKN, setidaknya sudah disiapkan 100 unit komputer (client) untuk di pakai peserta ujian CPNS.

Rata-rata setiap sesi ujian berdurasi sekitar 90 menit. Dengan pekiraan diselingi istirahat selama 30 menit, dalam seharis bisa digelar hingga lima kali sesi tes CAT. Banyak sesi ujian dalam sehari ini, bisa memudahkan penjadwalan tes yang bakal diikuti ribuan pelamar.

Herman menuturkan fasilitas CAT di kantor BKN pusat maupun regional, tidak hanya dipakai untuk pelamar CPNS BKN saja. Tetapi juga dipakai untuk instansi lain. Di kantor pusat BKN misalnya, fasilitas CAT juga dipakai oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Sedangkan fasilitas CAT di kantor regional BKN di daerah-daerah, bisa dipakai tes CPNS instansi provinsi, kabupaten, atau kota setempat dan sekitarnya. Kantor regional BKN itu diantaranya ada di Banjarmasin, Palembang, Jogjakarta, dan Surabaya. Setelah masa pendaftaran mulai ditutup, tinggal disusun jadwal pelaksanaan ujian.

Selain disiapkan di BKN, Herman mengatakan fasilitas CAT juga menggunakan fasilitas bekas ujian komptensi guru (UKG) di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Herman mengatakan, laporan dari Kemendikbud menyebutkan fasilitas bekas UKG itu tersebar di 2.034 titik di seluruh Indonesia.

Panselnas menginformasikan kepada para pelamar CPNS tahun 2014, mengirim email kepanselnas@menpan.go.id  apabila peserta mengalami permasalahan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK),

Saat ini tercatat sebanyak 150 ribu pengaduan yang masuk ke Panselnas. Dari jumlah itu, 50 ribu diantaranya mengadukan permasalahan NIK. “Dual puluh ribu diantaranya sudah ditindaklanjuti,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman di Bekasi, Sabtu (06/09).

Herman menambahkan, apabila ada masalah terkait dengan email pelamar, dapat dikirim keinfo@panselnas.go.id dengan mencantumkan semua data yang diisi saat melakukan pendaftaran. “Kalau pelamar tidak bisa membuka portal Panselnas, harap bersabar dan dicoba terus karena traffic sangat padat,” katanya. (Humas Kemen PAN & RB/ES)

Berita Terbaru