Peluncuran Awal Golkar Institute, 2 Februari 2021, dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Februari 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 255 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Yang saya hormati Ketua Umum DPP (Dewan Pengurus Pusat) Partai Golkar Bapak Airlangga Hartarto;
Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati para senior Partai Golkar beserta jajaran pengurus Partai Golkar dari tingkat pusat sampai daerah;
Yang saya hormati para kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2020 dari Partai Golkar;
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat pada DPP (Dewan Pengurus Pusat) Partai Golkar atas peluncuran Golkar Institute sebagai institusi pengkaderan sebagai sekolah kader yang fokus pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan kader di bidang pemerintahan dan kebijakan publik.

Sebagai partai modern, kehadiran sekolah kader sangat diperlukan, karena kader dan kaderisasi perlu dipersiapkan secara serius, berjenjang, dan berkelanjutan. Kaderisasi tidak bisa dikerjakan sambil lalu, harus digarap dengan matang untuk menghasilkan dampak yang signifikan bagi kemajuan partai. Partai memerlukan lebih banyak lagi kader-kader yang terdidik, yang profesional, yang kompeten, khususnya dalam bidang kepemimpinan politik dan ekonomi yang dampaknya bukan hanya pada partai, tapi akan memberikan kontribusi yang penting bagi kemajuan bangsa. Hal ini penting saya tekankan, karena partai politik adalah sumber utama recruitment kepemimpinan nasional maupun daerah berasal dari partai politik. Jika partai politik mampu mempersiapkan kadernya dengan baik, dengan kualitas yang matang, maka sudah dapat dipastikan kepemimpinan nasional maupun daerah juga akan berjalan dengan baik.

Bapak-Ibu dan seluruh jajaran Partai Golkar yang saya hormati,
Kita ke depan akan semakin berat dan kompleks, saat ini pemerintah sedang mengerahkan seluruh sumber daya untuk mengatasi pandemi, melaksanakan vaksinasi dengan cepat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Kita juga sedang menyeimbangkan rem dan gas, mengendalikan penyebaran virus sekaligus melaksanakan berbagai program pemulihan ekonomi nasional. Menyiapkan berbagai kebijakan dan program untuk menjawab peluang pasca pandemi yang akan menjadi trigger untuk ekonomi bergerak lebih cepat.

Pengalaman sebelas bulan ini mengajarkan kepada kita bahwa dalam menghadapi pandemi tidak ada formula yang standar, yang disebut rumusan formula yang benar juga tidak ada. Karena 215 negara di dunia mencari formula yang tepat untuk digunakan di negaranya masing-masing. Karena itu, dibutuhkan manajemen untuk mengelola krisis secara cepat dan tepat. Untuk itu, saya minta kepada seluruh kader Partai Golkar dan juga calon kepala daerah untuk belajar dan menimba pengalaman dari situasi saat ini. Pentingnya untuk memiliki perasaan bahwa situasi yang kita hadapi tidak biasa-biasa saja, sehingga ada sense of crisis.

Dalam menghadapi situasi krisis seperti ini, kita harus mengetahui situasi lapangan, memiliki kecerdasan lapangan, menguasai manajemen lapangan, mampu melihat hambatan dan kendala yang dihadapi di lapangan, dan segera mencari solusi untuk menyelesaikan masalah. Dalam menyelesaikan masalah, kita juga harus mampu menemukan smart shortcut, melakukan terobosan yang inovatif, tidak justru terjebak pada prosedur administratif, dan yang paling penting adalah berorientasi pada outcome, berorientasi pada hasil, dan berorientasi pada kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Terakhir, saya menaruh harapan besar pada Golkar Institute untuk melahirkan lebih banyak kader-kader partai yang berkualitas dan berintegritas, yang siap berkolaborasi dengan elemen bangsa yang lain untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara maju.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru