Peluncuran Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, di SPBU Pertamina MT. Haryono, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 22 Februari 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 Februari 2022
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.003 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat sore,
Salam sejahtera bagi kita semua

Yang saya hormati para menteri, para pimpinan perusahaan, CEO Electrum, CEO Gojek, CEO Pertamina, CEO GoTo, CEO IBC, CEO Gesits;
Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah sangat serius untuk masuk kepada energi baru terbarukan, termasuk di dalamnya adalah menuju kepada kendaraan listrik.

Oleh sebab itu, saya sangat menghargai keberanian perusahaan-perusahaan yang tadi saya sebut, para CEO-nya masuk dari hulu sampai hilir untuk memulai membangun ekosistem kendaraan listrik. Dan kita harapkan, sesuai dengan target kita nanti di 2030, untuk emisi karbon berada di angka 29 persen. Kemudian 2060, kita akan masuk ke emisi nol, net-zero carbon.

Oleh sebab itu, dengan didukung oleh ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir kita harapkan negara kita Indonesia nanti betul-betul mampu merajai, menjadi produsen dari kendaraan listrik. Dan, kita targetkan nanti di 2025, dua juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat kita Indonesia dan selanjutnya kita akan menuju ke pasar-pasar ekspor.

Sekali lagi, saya sangat menghargai upaya ini. Dan kita harapkan, nanti pabrik baterainya, baterai listriknya segera bisa selesai dalam jumlah yang kapasitas besar. Kemudian kendaraannya yang di sini sudah ada WIKA-Gesits juga akan ditingkatkan lagi kapasitas produksinya, mungkin bekerja sama dengan perusahaan dari Taiwan, Gogoro misalnya, sehingga betul-betul ekosistem kendaraan listrik ini benar-benar terbangun dan siap untuk berkompetisi dengan negara-negara lain.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Saya tadi sudah melihat juga bagaimana kendaraan mengecas ke charger yang sudah disiapkan memakan waktu yang tidak lama, mengambil yang baru, kemudian memasukkan yang lama. Dan saya kira proses manajemen seperti ini yang diinginkan oleh pemakai-pemakai kendaraan dan itu akan menarik minat semua orang untuk masuk kepada kendaraan listrik, karena lebih murah dan yang paling penting tidak menimbulkan polusi.

Itu saja yang ingin saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Uji Coba Ekosistem Kendaraan Listrik pada sore hari ini, saya nyatakan diluncurkan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru